kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga


Kamis, 30 November 2023 / 14:36 WIB
Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat buah zaitun


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Zaitun - Ada sejumlah manfaat buah zaitun bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan tersembunyi. Tidak hanya itu, cara mengolah buah zaitun juga perlu diketahui untuk bisa memaksimalkan manfaat buah zaitun.

Buah zaitun telah dikenal sebagai salah satu makanan super yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. 

Berasal dari pohon zaitun yang tumbuh di daerah beriklim Mediterania, buah zaitun dan minyak zaitun telah menjadi bagian penting dari pola makan sehat selama berabad-abad.

Baca Juga: 9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!

Melansir dari WebMD, berikut manfaat buah zaitun bagi kesehatan:

1. Kesehatan Jantung yang Optimal

Buah zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat, yang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Kandungan polifenol dalam buah zaitun juga memiliki efek antioksidan yang melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Minyak zaitun ekstra virgin, yang diekstrak dari buah zaitun, telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan antioksidan seperti vitamin E dan polifenol dapat membantu melindungi pembuluh darah dan arteri dari peradangan, mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Perlindungan terhadap Kanker

Senyawa antioksidan dalam buah zaitun dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin minyak zaitun dapat berhubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara dan usus besar.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

4. Manfaat untuk Kesehatan Otak

Kandungan polifenol dalam buah zaitun diyakini dapat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif dan peradangan, mempromosikan kesehatan otak. Sejumlah penelitian juga telah menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak tak jenuh tunggal, seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun, dapat berhubungan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif lainnya.

5. Mendukung Kesehatan Tulang

Buah zaitun kaya akan mineral seperti kalsium dan fosfor, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kandungan polifenol tertentu juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang memasuki masa menopause.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak zaitun ekstra virgin mengandung vitamin E dan polifenol, yang memiliki efek anti-aging dan mampu menjaga elastisitas kulit. Konsumsi minyak zaitun dan penggunaan luar dapat membantu mengurangi kerutan, menjaga kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun, dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

8. Efek Antiinflamasi

Senyawa-senyawa antiinflamasi dalam buah zaitun dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, termasuk arthritis dan penyakit jantung.

Menyertakan buah zaitun dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah yang cerdas untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Meskipun sangat baik untuk kesehatan, penting untuk mengonsumsinya secara moderat sebagai bagian dari diet seimbang. Sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×