kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Tahu?


Kamis, 30 November 2023 / 10:52 WIB
8 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Tahu?
ILUSTRASI. Buah rambutan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik dan perlu diketahui. Tidak hanya itu, manfaat buah rambutan juga telah teruji khasiatnya.

Buah rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah yang berasal dari wilayah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. 

Buah ini memiliki ciri khas kulit merah dengan duri lembut yang melapisi permukaannya. Selain rasanya yang lezat, buah rambutan juga kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!

Merangkum dari WebMD, berikut manfaat buah rambutan bagi kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Buah rambutan mengandung antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan tanin. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah rambutan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang berfungsi melawan infeksi dan penyakit.

3. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah rambutan juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mereka membantu melawan tanda penuaan dini, merangsang produksi kolagen, dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah rambutan mendukung kesehatan mata. Vitamin A esensial untuk menjaga kornea mata, serta membantu mencegah masalah penglihatan seperti rabun senja.

5. Penguat Tulang dan Gigi

Buah rambutan mengandung mineral penting seperti magnesium, fosfor, dan kalsium, yang esensial untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium, misalnya, diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang dan gigi.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah rambutan memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti dapat membantu mengatur kadar gula darah. Serat alami dalam buah ini juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

7. Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat dan gula alami dalam buah rambutan dapat memberikan energi instan. Ini membuat buah ini menjadi pilihan camilan sehat untuk memberikan dorongan energi tanpa menambahkan beban gula tambahan.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat dan kalium dalam buah rambutan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah, sedangkan serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Meskipun buah rambutan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti halnya dengan makanan apa pun, konsumsilah dengan bijak. Selalu disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan memasukkannya ke dalam pola makan yang seimbang untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×