kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!


Rabu, 29 November 2023 / 11:53 WIB
7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!
ILUSTRASI. Mengkudu


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan luput dari perhatian. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat mengkudu.

Mengkudu, atau dikenal juga dengan nama noni, merupakan tanaman yang memiliki sejarah panjang penggunaannya dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya. 

Mengkudu ini berasal dari daerah Pasifik Selatan, tetapi sekarang tersebar luas di berbagai wilayah tropis. Buah mengkudu memiliki rasa yang unik dan aroma yang khas, tetapi lebih dari sekadar citarasa.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat mengkudu untuk kesehatan:

1. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkudu mengandung senyawa-senyawa bioaktif, termasuk polisakarida, yang dapat meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh. Dengan demikian, konsumsi mengkudu secara teratur dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Antioksidan Kuat

Buah mengkudu mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti beta-karoten, vitamin C, dan flavonoid. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada penuaan dini serta perkembangan berbagai penyakit.

3. Pengelolaan Tekanan Darah

Studi telah menunjukkan bahwa mengkudu dapat membantu mengelola tekanan darah. Senyawa-senyawa seperti scopoletin dan asam kapurat dalam mengkudu dapat memiliki efek relaksan pada pembuluh darah, membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

4. Pemeliharaan Kesehatan Jantung

Kandungan fitokimia dalam mengkudu dapat mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Mengkudu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Penyembuhan Luka dan Peradangan

Mengkudu memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ekstrak mengkudu telah digunakan secara tradisional untuk meredakan nyeri dan membantu penyembuhan luka.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan yang Menakjubkan

6. Pengelolaan Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkudu dapat membantu mengelola kadar gula darah. Senyawa-senyawa di dalamnya dapat mempengaruhi metabolisme gula dan insulin, menjadikannya bermanfaat sebagai bagian dari pengelolaan diabetes.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

7. Pemeliharaan Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dan zat-zat nutrisi dalam mengkudu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Baik dikonsumsi secara internal maupun diaplikasikan secara topikal, mengkudu dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan faktor penuaan lainnya.

Mengkudu bukan hanya sekadar buah dengan rasa yang unik, tetapi juga merupakan pilihan yang cerdas untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Meskipun manfaat kesehatan tubuh dapat bervariasi tergantung pada individu dan kondisi kesehatan masing-masing, konsumsi mengkudu sebagai bagian dari pola makan seimbang dapat menjadi tambahan yang berharga untuk meningkatkan kualitas hidup dan pencegahan penyakit. 

Selanjutnya: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (30/11) di Jakarta Akan Mendung Seharian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×