kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui


Selasa, 28 November 2023 / 16:36 WIB
Ini 7 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat ginseng.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Ginseng - Ada sejumlah manfaat ginseng bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengkonsumsi ginseng juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat ginseng secara maksimal.

Ginseng telah lama diakui sebagai tanaman herbal yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Ginseng ini, yang berasal dari Asia dan Amerika Utara, telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan alami selama ribuan tahun.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Merangkum dari WebMD, berikut manfaat ginseng bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Energi dan Daya Tahan Tubuh

Ginseng dikenal sebagai adaptogen, yaitu senyawa yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres fisik dan mental. Konsumsi ginseng dapat meningkatkan tingkat energi dan daya tahan tubuh, membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Komponen aktif dalam ginseng, terutama ginsenosides, telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan mental. Tanaman ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, mempromosikan kesejahteraan psikologis, dan meningkatkan mood.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Ginseng dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh, seperti makrofag dan limfosit, yang membantu melawan infeksi dan penyakit. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ginseng dapat membantu melindungi tubuh dari serangan patogen dan mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Meningkatkan Kinerja Kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat. Senyawa-senyawa dalam ginseng diyakini memiliki efek positif pada otak, meningkatkan perhatian, konsentrasi, dan kemampuan belajar.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Ginseng juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, serta meningkatkan aliran darah ke jantung.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Mengatur Gula Darah

Ginseng telah terbukti memiliki efek mengatur gula darah, yang dapat bermanfaat bagi individu dengan diabetes atau risiko diabetes. Senyawa dalam ginseng dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah.

7. Menjaga Keseimbangan Hormonal

Bagi wanita, ginseng dapat membantu menjaga keseimbangan hormonal, terutama selama periode menopause. Tanaman ini dikaitkan dengan pengurangan gejala seperti hot flashes, insomnia, dan perubahan mood.

Ginseng adalah tanaman herbal yang telah terbukti memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, sebelum mengonsumsinya secara teratur, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Dengan memahami manfaat ginseng, kita dapat mengintegrasikannya ke dalam gaya hidup sehat kita untuk mendukung kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×