kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui


Senin, 27 November 2023 / 14:37 WIB
Ini 10 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah kelapa untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kelapa - Banyak manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui dan sayang jika dilewatkan. Selain itu, manfaat buah kelapa juga telah teruji secara klinis.

Buah kelapa adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Selain rasanya yang lezat dan segar, kelapa juga kaya akan nutrisi penting yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap tubuh manusia.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Simak Ini!

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa manfaat buah kelapa untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Esensial

Buah kelapa mengandung berbagai nutrisi esensial seperti vitamin C, vitamin B-complex, folat, dan mineral seperti magnesium, potassium, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Jamur Enoki Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam kelapa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki peran penting dalam memproduksi sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

3. Menyediakan Energi Instan

Buah kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan memberikan energi instan. Ini menjadikannya pilihan yang baik sebagai camilan sehat atau minuman penyegar, terutama bagi mereka yang memerlukan tambahan energi cepat.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Kelapa mengandung asam lemak rantai tengah, seperti asam laurat, yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Asam lemak ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Membantu Pencernaan

Serat dalam buah kelapa dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit usus.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Buah kelapa mengandung potassium yang tinggi, yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit yang seimbang penting untuk fungsi otot dan saraf yang optimal.

7. Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

Minyak kelapa alami memiliki sifat pelembap yang dapat membantu merawat kulit dan rambut. Penggunaan minyak kelapa secara eksternal dapat membantu mengatasi kulit kering, rambut bercabang, dan masalah kecantikan lainnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Cek Yuk!

8. Antioksidan Alami

Buah kelapa mengandung antioksidan, seperti polifenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

9. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Mineral seperti fosfor dan magnesium dalam buah kelapa berperan penting dalam mendukung kesehatan tulang dan gigi. Fosfor diperlukan untuk pembentukan tulang, sedangkan magnesium membantu penyerapan kalsium.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

10. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kelapa dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

Meskipun buah kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak, sesuai dengan kebutuhan tubuh. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan asupan kalori dan lemak. Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan kelapa ke dalam pola makan seimbang sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×