kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,07   -3,86   -0.39%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Senin, 27 November 2023 / 14:42 WIB
Daftar 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Bawang putih


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Bawang Putih - Simak daftar manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat bawang putih bagi kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Bawang putih (Allium sativum) tidak hanya menjadi bumbu dapur yang populer, tetapi juga telah dikenal sebagai ramuan obat tradisional sejak zaman dahulu. 

Berbagai penelitian ilmiah telah mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Simak Ini!

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang dikenal memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Konsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari infeksi.

Baca Juga: 7 Manfaat Jamur Enoki Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu melonggarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Efek Antiinflamasi

Senyawa sulfur dalam bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis, seperti arthritis.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Pengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Senyawa dalam bawang putih dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah.

5. Mencegah Kanker

Senyawa sulfur dalam bawang putih telah dikaitkan dengan kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Bawang putih, khususnya dalam diet seimbang, dapat memberikan kontribusi dalam melawan beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan usus.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang putih dapat membantu melawan pembekuan darah dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

7. Melawan Infeksi

Sifat antimikroba bawang putih membuatnya menjadi senjata alami melawan infeksi, termasuk infeksi saluran pernapasan seperti flu dan pilek. Mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Baca Juga: 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Cek Yuk!

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat mendukung kesehatan tulang, seperti diallyl disulfide. Ini dapat membantu mengurangi kerusakan tulang dan risiko osteoporosis.

9. Mengurangi Risiko Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. Senyawa dalam bawang putih dapat memiliki efek protektif pada sel-sel saraf.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

10. Pengelolaan Berat Badan

Bawang putih dapat membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Ini dapat menjadi tambahan yang baik dalam program penurunan berat badan.

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan atau memulai suplemen baru, terutama bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×