kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,66   5,02   0.54%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Sangat Banyak, Waspadai efek Sampingnya


Senin, 10 Juli 2023 / 16:26 WIB
Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Sangat Banyak, Waspadai efek Sampingnya
ILUSTRASI. Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Sangat Banyak, Waspadai efek Sampingnya


Sumber: Siloam Hospitals,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Bawang Putih - Manfaat bawang putih untuk kesehatan sangat banyak. Namun hati-hati, ada efek samping yang harus diwaspadai jika konsumsi bawang putih terlalu sering dan kebanyakan.

Umumnya, banyak orang tahu manfaat bawang putih sebagai bumbu masak. Dibalik perannya sebagai bumbu masakan, manfaat bawang putih untuk kesehatan sangat beragam.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan dapat dirasakan jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai aturan tertentu. Sementara itu, jika dikonsumsi secara sembarangan dalam jumlah banyak, bawang putih bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang pertama adalah mengendalikan tekanan darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek bawang putih mentah terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik hampir sama dengan obat atenolol.

Manfaat bawang putih tersebut berasal dari kandungan allicin. Selain itu, kandungan polisulfida dalam bawang putih mampu memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa menurun.

Baca Juga: Selain Kunyit, Bumbu Dapur Ini Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang kedua adalah menurunkan kolesterol. Hal ini ditemukan dalam suatu penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan allicin dari bawang putih mampu menghambat enzim yang membentuk kolesterol.

Dan uniknya, kandungan allicin yang memiliki segudang manfaat tersebut hanya bisa didapatkan apabila Anda mengonsumsi bawang putih dengan ditumbuk, dihancurkan, atau dikunyah.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang ketiga adalah menurunkan risiko kanker. Bawang putih mengandung sulfur aktif yang dipercaya dapat mengatasi risiko pembentukan sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya.

Suatu penelitian menemukan bahwa manfaat makan bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, pankreas, kerongkongan, prostat, hingga payudara.

4. Meningkatkan Kinerja Fisik

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang keempat adalah meningkatkan kinerja fisik. Manfaat makan bawang putih mentah yang satu ini sudah diterapkan sejak zaman dahulu.

Umbi-umbian ini diyakini mampu mengurangi kelelahan serta meningkatkan kinerja dan kapasitas fisik. Kala itu, bawang putih digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik pekerja serta atletik pada Olimpiade Yunani Kuno.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang kelima adalah mengatasi jerawat. Kandungan allicin dalam bawang putih mentah yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiseptik, dan antivirus rupanya mampu membunuh kuman penyebab jerawat.

Selain itu, sifat-sifat baik tersebut juga berpotensi meringankan pembengkakan dan peradangan kulit sekaligus meningkatkan sirkulasi darah yang membuat kulit tampak cerah merona.

Bawang putih juga diperkaya dengan vitamin C, vitamin B6, seng, tembaga, dan selenium yang bermanfaat mengendalikan produksi minyak berlebih.

Kandungan mineral dan vitamin pada bawang putih juga dapat membantu membasmi jerawat.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang keenam adalah menjaga kesehatan otak. Sebuah penelitian menemukan bahwa turunan karbohidrat pada bawang putih atau dikenal dengan FruArg mampu melindungi sel-sel otak terhadap efek penyakit dan penuaan.

Selain itu, FruArg juga berpotensi mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia dalam otak selama berperang melawan peradangan dan stres oksidatif.

Pasalnya, kadar oksida nitrat yang berlebihan dalam otak disebut dapat menyebabkan kerusakan sel otak. Sementara, sel mikroglia memiliki peran cukup penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf pada tubuh.

Nah, manfaat makan bawang putih mentah yang didapatkan dari FruArg mampu memperbanyak sel mikroglia tanpa mendorong produksi kadar oksida nitrat dalam otak, sehingga keduanya berjalan seimbang.

7. Melawan Radang, Batuk dan Pilek

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang ketujuh adalah melawan radang, batuk dan pilek. Manfaat tersebut dihasilkan oleh senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang putih dikunyah atau dihancurkan.

Apabila Anda sedang mengalami gejala flu, cara makan bawang putih mentah dipercaya mampu mengurangi keparahan gejalanya dan memacu kesembuhan lebih cepat.

8. Memperkuat Tulang

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang kedelapan adalah memperkuat tulang. Di antara keluarga bawang lainnya, bawang putih diyakini paling efektif untuk menghambat pengeroposan yang menyebabkan kerapuhan tulang.

Flavonoid yang didapat dari manfaat makan bawang putih mentah mampu meningkatkan pembentukan tulang sekaligus memperlambat pengeroposan mineral tulang.

Cara Makan Bawang Putih Mentah yang Benar

Agar manfaat bawang putih seperti di atas dapat Anda peroleh dengan maksimal, maka Anda disarankan mengonsumsi bawang putih secara mentah-mentah.

Mengolah bawang putih menjadi bumbu makanan justru akan mengurangi zat gizi penting di dalamnya. Maka dari itu, akan lebih baik bila Anda mengunyah secara mentah-mentah dengan frekuensi 1-4 siung setiap hari.

Namun, efek samping makan bawang putih mentah juga perlu diperhatikan oleh orang yang sedang mengonsumsi beberapa obat berikut:

  • Isoniazid
  • Mengonsumsi pil KB
  • Obat HIV/AIDS
  • Obat antinyeri
  • Obat pengencer darah

Efek samping bawang putih

Makan bawang putih menimbulkan sejumlah efek samping yang bisa merugikan kesehatan. Dilansir dari Kompas.com, berikut efek samping makan bawang putih:

1. Bau mulut

Efek samping pertama yang paling sering dirasakan saat makan terlalu banyak bawang putih adalah bau mulut. Dilansir dari Pulse, bahan pangan ini sebenarnya mengandung berbagai senyawa belerang yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Sayangnya, senyawa yang sama juga dapat menyebabkan bau mulut. Bau bawang putih ini dapat bertahan lama di mulut, bahkan setelah menyikat gigi.

2. Risiko pendarahan

Efek samping makan bawang putih yang kedua adalah risiko pendarahan. Bawang putih memiliki sifat anti pembekuan alami yang bermanfaat bagi jantung dan sirkulasi darah. Namun, NCCIH memperingatkan, sifat ini dapat menimbulkan risiko pendarahan bagi orang yang menggunakan antikoagulan atau pengencer darah, seperti warfarin.

Bukan hanya itu, bawang putih termasuk dalam bentuk suplemen juga harus dihindari sebelum operasi. Sebab, bawang putih berpotensi mengganggu keefektifan obat tertentu, seperti saquinavir, obat yang digunakan untuk mengobati HIV.

3. Masalah pencernaan

Efek samping makan bawang putih yang ketiga adalah menimbulkan masalah pencernaan. Seperti bawang bombai, daun bawang, dan asparagus, bawang putih juga kaya akan fruktan. Dilansir dari laman Healthline, fruktan adalah sejenis karbohidrat yang dapat menyebabkan kembung, gas, dan sakit perut pada beberapa orang.

Saat orang dengan intoleransi mengonsumsi makanan tinggi fruktan, makanan tersebut tidak akan terserap sepenuhnya di usus kecil. Sebaliknya, makanan akan bergerak ke usus besar secara utuh untuk kemudian difermentasi, suatu proses yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4. Asam lambung kambuh

Efek samping makan bawang putih yang keempat adalah menyebabkan asam lambung kambuh. Bagi penderita penyakit refluks gastroesofagus atau GERD, penting untuk mengurangi asupan bawang putih. GERD adalah kondisi umum yang terjadi saat asam lambung mengalir naik ke kerongkongan, sehingga menyebabkan gejala mual.

Bawang putih dapat menurunkan otot sfingter esofagus yang berada di bagian bawah kerongkongan. Otot tersebut berfungsi untuk menutup dan mencegah masuknya cairan asam dari lambung ke kerongkongan. Oleh karena itu, kondisi kendor atau turunnya otot sfingter esofagus berpotensi menyebabkan penyakit asam lambung kambuh.

5. Iritasi

Efek samping makan bawang putih yang kelima adalah menimbulkan iritasi. Kontak yang terlalu lama dengan bawang putih dapat menyebabkan iritasi kulit. Kondisi ini disebabkan beberapa enzim yang terdapat dalam bawang putih. Saat terkena iritasi, tubuh berpotensi mengalami eksim atau peradangan yang ditandai dengan munculnya ruam merah di kulit dan terasa gatal.

Itulah berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan serta efek samping yang perlu diwaspadai. Dapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan, tapi jangan dikonsumsi berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×