kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis


Selasa, 14 Maret 2023 / 15:58 WIB
9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis
ILUSTRASI. Manfaat bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa gurih pada masakan. Namun, ternyata ada banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan. Selain sebagai bumbu, kegunaan bawang putih juga dipakai untuk pengobatan berbagai penyakit.

Tumbuhan dengan nama latin Allium sativum ini masih saudara dengan bawang merah serta daun bawang. Bawang putih juga bisa digunakan seluruh bagian tanamannya, dari umbi hingga daunnya. 

Umbi bawang putih berbentuk siung yang biasanya berjumlah 1 hingga 10 siung. Sementara setiap siungnya memiliki berat antara 6 sampai 8 gram.

Salah satu manfaat bawang putih yang dominan adalah kandungan allicin, sebuah senyawa yang sangat berguna untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Baca Juga: 2 Resep Coto Makassar Sambal Tauco Anti Kolesterol, Tanpa Gunakan Santan

Manfaat bawang putih

Manfaat bawang putih juga dapat membantu mencegah pilek.

Nah, berikut ini 9 manfaat bawang putih untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari laman Healthline:

1. Mengandung senyawa allium

Bawang putih adalah tanaman dalam keluarga Allium (bawang merah). Sehingga, bawang putih masih terkait erat dengan bawang merah, dan daun bawang.

Bawang putih yang tumbuh di banyak wilayah di dunia merupakan bahan masakan yang populer, karena baunya yang kuat dan rasanya yang enak. Namun, menurut literatur kuno, kegunaan bawang putih yang utama adalah untuk kesehatan.

Penggunaan bawang putih didokumentasikan dengan baik oleh banyak peradaban besar, termasuk Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina.

Baca Juga: Elegi Bawang Putih Kita

Para ilmuwan sekarang mengetahui bahwa sebagian besar manfaat bawang putih untuk kesehatan disebabkan oleh senyawa yang terbentuk ketika siung bawang putih dicincang, dihancurkan, atau dikunyah.

Salah satu senyawa dalam bawang putih yang paling terkenal adalah allicin. Namun, allicin hanya ada sebentar dalam bawang putih segar setelah dipotong atau dihancurkan.

Senyawa lain yang mungkin berperan dalam manfaat kesehatan bawang putih termasuk dialil disulfida dan salil sistein.

Baca Juga: Cara Sehat Makan Kentang agar Tidak Memicu Kolesterol Tinggi

2. Kaya nutrisi

Satu siung (3 gram) bawang putih mentah mengandung mangan sebesar 2% dari nilai kebutuhan harian (DV), vitamin B6 2% dari DV, dan vitamin C 1% dari DV.

Kemudian serat 0,06 gram, 4,5 kalori, 0,2 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Bawang putih juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya. Sehingga, manfaat bawang putih yakni kaya nutrisi. 

Baca Juga: Tips Mencegah Penyakit Jantung dengan Obat Alami

3. Mencegah pilek

Manfaat bawang putih juga dapat membantu mencegah pilek. Suplemen bawang putih dikenal untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Sebuah studi selama 12 minggu menemukan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari mengurangi pilek hingga 63% dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

Durasi rata-rata gejala pilek juga berkurang 70%. Studi lain menemukan bahwa ekstrak bawang putih dosis tinggi (2,56 gram per hari) mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61%. 

Baca Juga: Resep Tahu Isi Seafood yang Super Kenyal dengan Cocolan Sambal Kacang

4. Penurun tekanan darah

Manfaat bawang putih juga bisa digunakan sebagai penurun tekanan darah. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah salah satu faktor terpenting yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. 

Penelitian pada manusia telah menemukan bahwa kegunaan bawang putih memiliki dampak yang signifikan dalam menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, 600–1.500 mg ekstrak bawang putih tua sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama periode 24 minggu.

Baca Juga: Tanpa Obat, Ini 5 Cara Efektif Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami

Manfaat bawang putih juga bisa digunakan sebagai penurun tekanan darah.

5. Pengendali kolesterol

Manfaat bawang putih salah satunya dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Bagi mereka dengan kolesterol tinggi, suplemen bawang putih bisa mengurangi kolesterol total dan LDL sekitar 10–15%.

Kadar trigliserida tinggi adalah faktor risiko lain yang diketahui untuk penyakit jantung, tetapi bawang putih tampaknya tidak memiliki efek signifikan pada kadar trigliserida.

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Mencegah alzheimer dan demensia

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan. Manfaat bawang putih yaitu mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Suplemen bawang putih dosis tinggi telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Efek gabungan untuk mengurangi kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidannya, dapat mengurangi risiko kondisi otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Makan Kismis untuk Kesehatan

7. Panjang umur

Efek potensial bawang putih pada umur panjang pada dasarnya tidak mungkin dibuktikan pada manusia. Tetapi adanya sejumlah manfaat bawang putih dalam mengontrol tekanan darah dan beberapa penyakit lainnya maka kemungkinan bawang putih dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Fakta bahwa bawang putih dapat melawan penyakit menular juga merupakan faktor penting. Sebab, infeksi penyakit menular juga menjadi salah satu penyebab kematian yang umum, terutama pada orang tua atau orang dengan sistem kekebalan yang tidak berfungsi.

Baca Juga: Cara Sehat Makan Kentang agar Tidak Memicu Kolesterol Tinggi

8. Kesehatan tulang

Tidak ada penelitian pada manusia yang mengukur efek bawang putih pada pengeroposan tulang. Namun, penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa itu dapat meminimalkan keropos tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita.

Satu studi pada wanita menopause menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering (setara dengan 2 gram bawang putih mentah) secara signifikan menurunkan defisiensi estrogen.

 Makanan seperti bawang putih dan bawang merah mungkin juga memiliki dampak positif pada osteoartritis. 

Baca Juga: Selain Pedas, Ini Jenis Makanan yang Terlarang Bagi Penderita Asam Lambung

9. Mendetoksifikasi logam berat dalam tubuh

Pada dosis tinggi, senyawa belerang dalam kegunaan bawang putih telah terbukti melindungi dari kerusakan organ akibat keracunan logam berat.

Sebuah studi selama 4 minggu pada karyawan di pabrik aki mobil (yang memiliki paparan berlebihan terhadap timbal) menemukan bahwa bawang putih mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19%. 

Manfaat bawang putih juga mengurangi gejala keracunan, termasuk sakit kepala dan tekanan darah. 

Itulah sederet manfaat bawang putih bagi kesehatan. Dengan khasiat bawang putih yang mengagumkan, jangan ragu untuk selalu memasukan berambang ini ke dalam masakan sehari-hari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×