kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Sehat Makan Kentang agar Tidak Memicu Kolesterol Tinggi


Senin, 13 Maret 2023 / 13:22 WIB
Cara Sehat Makan Kentang agar Tidak Memicu Kolesterol Tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kentang bisa jadi boomerang jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Ini cara memasak kentang yang benar agar tetap sehat untuk tubuh. 

Kentang bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh sebagian orang di tanah air. 

Baca Juga: 8 Aktivitas yang Bisa Mencegah Penyakit Kanker

Bahkan, kentang kerap dijadikan pengganti nasi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. 

Selain mengeyangkan, kentang juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengutip dari Healthline, dalam 173 gram kentang tanpa dikupas mengandung:  

  • Kalori 161  
  • Lemak 0,2 gram  
  • Protein 4,3 gram  
  • Karbohidrat 36,6 gram  
  • Serat 3,8 gram  
  • Vitamin C  
  • Vitamin B6 
  • Potasium  
  • Mangan  
  • Magnesium  
  • Fosfor  
  • Niacin  
  • Folat 

Memiliki banyak serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat kentang baik dikonsumsi secara rutin dengan porsi terukur. 

Kentang yang dimakan secara rutin memberikan manfaat baik untuk kesehatan yakni: 

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke 
  • Menurunkan berat badan 
  • Mengontrol gula darah 
  • Menjaga kesehatan pencernaan 

Cara sehat konsumsi kentang 

Kentang memang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, kentang bisa memicu penyakit jika dimasak dan dikonsumsi dengan cara yang salah. 

Kentang paling baik dikonsumsi dengan kulitnya. Alasannya, kulit kentang mengandung banyak serat. 

Kentang sebaiknya tidak goreng karena bisa menaikkan jumlah lemak di dalamnya. Selain itu, kentang sebaiknya tidak ditumbuk dan dicampur dengan mentega, krim, atau susu. 

Alasannya, semua bahan tersebut bisa menambah kadar lemak pada kentang dan memicu kadar kolesterol tinggi. 

Kentang paling baik dimasak dengan cara dipanggang. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega. 

Jika ingin membuat kentang tumbuk, Anda bisa menambahkan susu skim, yogurt Yunani rendah atau tanpa lemak. Anda juga bisa menambahkan oregano, lada, dan bawang putih untuk menambah rasa.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Makan Kismis untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×