kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya, Catat Ya!


Kamis, 02 November 2023 / 10:16 WIB
8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya, Catat Ya!
ILUSTRASI. Manfaat bawang putih untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang teruji khasiatnya secara klinis. Sehingga, tak heran manfaat bawang putih menarik perhatian diketahui.

Bawang putih, atau Allium sativum, adalah salah satu bahan makanan yang telah digunakan sejak zaman kuno karena khasiat kesehatannya. 

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sering digunakan dalam masakan di seluruh dunia. Selain memberikan rasa yang lezat pada hidangan, bawang putih juga terkenal dengan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bawang putih telah lama diakui karena kemampuannya dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Ini terutama disebabkan oleh senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Simak 10 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Secara Alami, Sudah Coba?

2. Efek Antibakteri dan Antivirus

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Ini dapat menjadi pertahanan alami tubuh Anda terhadap berbagai penyakit infeksi, termasuk flu, pilek, dan infeksi saluran pernapasan.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker lambung, usus besar, dan payudara. Senyawa-senyawa seperti allicin, ajoene, dan diallyl sulfide dalam bawang putih memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel dan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih dikenal sebagai stimulan sistem kekebalan tubuh yang baik. Senyawa dalam bawang putih dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan. Ini adalah alasan mengapa bawang putih sering digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih dapat membantu dalam pengendalian tekanan darah tinggi atau hipertensi. Senyawa allicin bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu mengurangi risiko komplikasi yang terkait dengan tekanan darah tinggi, seperti stroke dan serangan jantung.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Efek Anti-inflamasi

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini adalah hal yang penting karena peradangan kronis dapat berperan dalam perkembangan berbagai penyakit kronis, termasuk arthritis, penyakit jantung, dan kanker.

7. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Bawang putih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sementara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

8. Mendukung Pencernaan

Bawang putih juga dapat mendukung pencernaan yang sehat. Senyawa dalam bawang putih dapat merangsang produksi enzim pencernaan yang membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat prebiotik, yang membantu pertumbuhan bakteri sehat dalam usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×