kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Rabu, 01 November 2023 / 09:52 WIB
Kenali 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat buah kersen untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Selain itu, manfaat buah kersen untuk kesehatan juga telah teruji khasiatnya.

Buah kersen, juga dikenal sebagai buah ceri, adalah salah satu jenis buah beri yang dikenal dengan rasa manis dan segarnya. 

Meskipun buah kersen mungkin tidak sepopuler buah lain seperti stroberi, blueberry, atau jeruk, mereka memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Melansir dari Health, berikut beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Kaya akan Antioksidan

Buah kersen adalah sumber yang kaya akan antioksidan, terutama antosianin. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit dan penuaan dini. Antioksidan juga mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 8 Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah kersen dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan dalam buah ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan mengendalikan tekanan darah. Selain itu, buah kersen juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mendukung Kesehatan Otak

Antosianin dalam buah kersen telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak. Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin antosianin dapat membantu meningkatkan kognisi, daya ingat, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Cokelat Untuk Kesehatan yang Tidak Jarang Diketahui

4. Mengurangi Peradangan

Buah kersen memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk arthritis dan penyakit autoimun.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kersen dapat membantu dalam melawan pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dalam buah ini membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami secara lebih mendalam bagaimana buah kersen dapat membantu melindungi tubuh dari kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Catat Ya!

6. Menyokong Sistem Pencernaan

Buah kersen mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, buah ini juga mengandung zat-zat alami yang membantu mengurangi gangguan pencernaan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa orang melaporkan bahwa konsumsi buah kersen dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Buah ini mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur, sehingga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Buah kersen rendah kalori dan mengandung serat, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, rasa manis alami buah ini juga dapat memuaskan keinginan makanan manis tanpa tambahan gula.

Meskipun buah kersen memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk diingat bahwa ini bukan satu-satunya makanan yang Anda perlukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi beragam jenis buah-buahan dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Selain itu, konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki alergi atau masalah kesehatan tertentu sebelum mengintegrasikan buah kersen dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×