kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,05   -3,88   -0.39%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?


Selasa, 31 Oktober 2023 / 11:02 WIB
8 Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?
ILUSTRASI. Gejala cacar monyet.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai gejala cacar monyet yang wajib diketahui dan perlu diwaspadai. Pasalnya, cacar monyet termasuk salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Cacar monyet, juga dikenal sebagai monkeypox, merupakan penyakit infeksius yang jarang terjadi namun dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. 

Penyakit ini disebabkan oleh virus monkeypox, yang pertama kali ditemukan pada primata di Afrika Tengah pada tahun 1958. Meskipun jarang terjadi, gejala cacar monyet bisa sangat mirip dengan cacar manusia, yang membutuhkan perhatian medis segera.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Melansir dari World Health Organization, berikut beberapa gejala cacar monyet yang perlu diwaspadai:

1. Ruam Kulit

Gejala utama cacar monyet adalah munculnya ruam pada kulit. Ruam ini umumnya dimulai sebagai bintik-bintik merah kecil yang kemudian berkembang menjadi lepuh berisi cairan. Ruam ini dapat muncul di seluruh tubuh, termasuk wajah, tangan, kaki, dan bagian lainnya. Ruam ini seringkali gatal dan bisa sangat mengganggu.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

2. Demam

Demam merupakan gejala umum yang menyertai cacar monyet. Demam biasanya terjadi sebelum munculnya ruam kulit dan bisa mencapai suhu yang tinggi. Demam yang berkepanjangan atau tinggi adalah tanda yang perlu diwaspadai.

3. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Cacar monyet juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di daerah yang terkena ruam. Pembengkakan ini dapat terasa nyeri dan membesar selama infeksi.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Sakit Kepala

Sakit kepala adalah gejala umum lainnya yang sering terjadi bersamaan dengan cacar monyet. Sakit kepala bisa menjadi gejala awal sebelum ruam muncul.

5. Kelemahan Umum

Penderita cacar monyet sering merasa lemah dan lesu. Infeksi ini dapat membuat tubuh merasa sangat lelah dan mengurangi energi penderitanya.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

6. Batuk dan Nyeri Tenggorokan

Beberapa penderita cacar monyet juga mengalami gejala seperti batuk dan nyeri tenggorokan. Ini bisa mirip dengan gejala flu atau pilek.

7. Nyeri Sendi dan Otot

Cacar monyet dapat menyebabkan nyeri pada sendi dan otot. Nyeri ini bisa sangat mengganggu dan dapat berlangsung selama beberapa waktu.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

8. Gejala Pernapasan

Pada kasus yang lebih serius, cacar monyet bisa menyebabkan gejala pernapasan, seperti sesak napas dan nyeri dada. Ini dapat terjadi jika infeksi menyebar ke paru-paru.

Penting untuk diingat bahwa gejala cacar monyet dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan tidak semua penderita akan mengalami semua gejala di atas. Dalam kasus yang lebih serius, cacar monyet dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia atau infeksi sekunder lainnya.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mencurigakan dan diduga terkena cacar monyet, segera konsultasikan dengan tenaga medis. Diagnosis yang tepat dan perawatan yang cepat dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dan mengurangi risiko komplikasi.

Selain itu, tindakan pencegahan seperti vaksinasi dan menjaga kebersihan diri dapat membantu mengurangi risiko terkena cacar monyet. Cacar monyet adalah penyakit yang jarang terjadi, namun pengetahuan tentang gejalanya dan upaya pencegahan yang tepat dapat membantu melindungi kesehatan kita dan mencegah penyebaran infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×