kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 10 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui


Selasa, 31 Oktober 2023 / 09:04 WIB
Catat 10 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah sukun untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah sukun untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah sukun juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah sukun secara maksimal.

Buah sukun, juga dikenal sebagai jackfruit dalam bahasa Inggris, adalah buah yang berasal dari pohon sukun (Artocarpus heterophyllus) dan merupakan anggota dari keluarga Moraceae. 

Buah sukun ini sangat populer di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia. Selain rasanya yang enak dan manis, buah sukun juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat buah sukun untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrisi

Buah sukun kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Ini mencakup vitamin C, vitamin A, vitamin B-complex, kalium, magnesium, dan serat makanan. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dalam buah sukun berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ini membantu merawat kulit Anda, mencegah penuaan dini, dan melindungi dari berbagai masalah kulit.

3. Mendukung Kesehatan Mata

Buah sukun mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Ini dapat membantu melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar UV dan penyakit mata terkait usia.

Baca Juga: Catat 7 Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam buah sukun dapat membantu mengatur tekanan darah Anda, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

5. Mengendalikan Diabetes

Serat dalam buah sukun membantu mengendalikan kadar gula darah. Ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba dan mengelola diabetes.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Yuk Catat!

6. Mengurangi Risiko Kanker

Buah sukun mengandung senyawa seperti fitonutrien dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker yang tidak normal.

7. Meningkatkan Pencernaan

Kaya akan serat makanan, buah sukun membantu meningkatkan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Mengurangi Kebotakan

Ekstrak daun sukun telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah kebotakan. Ini mungkin karena sifat-sifat antioksidan dan antiinflamasi.

9. Sumber Energi yang Baik

Buah sukun mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan energi berkelanjutan. Ini adalah alternatif yang sehat daripada mengandalkan makanan tinggi gula atau olahraga berenergi tinggi.

Baca Juga: Cek 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah sukun membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan membantu tubuh melawan infeksi.

Dalam rangka memanfaatkan manfaat kesehatan buah sukun, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, atau mengolahnya menjadi berbagai hidangan seperti sup, kari, atau makanan penutup. Pastikan untuk memasukkan buah ini dalam diet seimbang Anda untuk merasakan manfaatnya.

Namun, ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau alergi tertentu sebelum menambahkan buah sukun ke dalam diet Anda. Selalu penting untuk menjaga keseimbangan dalam asupan makanan dan menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×