kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Senin, 30 Oktober 2023 / 13:11 WIB
Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat daun melinjo untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat daun melinjo untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi daun melinjo tersebut juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat daun melinjo tersebut.

Daun melinjo (Gnetum gnemon) adalah bagian dari tumbuhan yang mungkin kurang dikenal, tetapi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan ini ditemukan di wilayah tropis seperti Asia Tenggara, Indonesia, dan Filipina. 

Daun melinjo memiliki rasa yang khas dan sering digunakan dalam masakan lokal, terutama dalam hidangan sayuran dan makanan laut. Namun, selain sebagai bahan makanan, daun melinjo juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali 8 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Melansir dari Specialty Produce, berikut beberapa manfaat daun melinjo untuk kesehatan di antaranya:

1. Kaya akan Nutrisi

Daun melinjo mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Mereka kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, besi, dan serat. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Antioksidan Tinggi

Daun melinjo mengandung senyawa antioksidan, termasuk flavonoid, karotenoid, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi daun melinjo secara teratur, Anda dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

3. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam daun melinjo sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan retina dan mencegah masalah mata seperti kebutaan malam, mata kering, dan degenerasi makula.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Tulip Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Menurunkan Tekanan Darah

Daun melinjo juga mengandung kalium, yang dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium membantu mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh dan merelaksasi pembuluh darah, sehingga tekanan darah lebih terkendali.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan kandungan serat yang tinggi, daun melinjo juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Ini membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Serat juga dapat membantu mengendalikan berat badan, yang juga berdampak positif pada kesehatan jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

6. Mendukung Pencernaan

Serat dalam daun melinjo mendukung sistem pencernaan yang sehat. Mereka membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko penyakit divertikular, dan menjaga usus tetap sehat.

7. Menyediakan Energi

Daun melinjo mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Ini dapat membantu mengatasi rasa lelah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: 8 Obat Demam Anak Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

8. Menjaga Berat Badan Ideal

Daun melinjo rendah kalori dan kaya serat, sehingga membantu menjaga berat badan ideal. Serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

9. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam daun melinjo membantu memelihara kesehatan tulang. Ini adalah nutrisi penting untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Kluwek Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

10. Efek Antiinflamasi

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak daun melinjo memiliki potensi efek antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Meskipun daun melinjo memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan dalam porsi yang sesuai. Jika Anda ingin menambahkan daun melinjo ke dalam pola makan Anda, pastikan untuk memasaknya dengan benar dan mencari saran dari ahli gizi atau dokter Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×