kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Obat Demam Anak Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?


Sabtu, 28 Oktober 2023 / 15:05 WIB
8 Obat Demam Anak Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Obat demam anak alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa obat demam anak alami yang perlu diketahui dan sayang jika dilewatkan. Selain itu, kebanyakan obat demam anak alami juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demam pada anak adalah kondisi yang umum dan seringkali merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit lainnya. 

Meskipun demam sendiri bukanlah penyakit, namun dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran pada orang tua. Banyak orang tua yang mencari cara alami untuk meredakan demam pada anak mereka, tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Melansir dari WebMD, berikut beberapa pilihan obat demam anak alami di antaranya:

1. Air Hangat Mandi

Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak secara perlahan. Pastikan airnya tidak terlalu panas, karena itu bisa membuat anak lebih tidak nyaman. Air hangat membantu melebarkan pembuluh darah dan meredakan ketegangan otot, sehingga bisa membantu meredakan demam.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Kompress Dingin

Mengompres anak dengan kain basah yang direndam air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Kompres ini sebaiknya diletakkan di area dahi, leher, atau ketiak. Hindari menggunakan air yang terlalu dingin karena itu bisa menyebabkan kedinginan pada anak.

3. Konsumsi Cairan yang Cukup

Pastikan anak Anda tetap terhidrasi dengan baik. Demam bisa menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan anak Anda minum air, jus buah, atau kaldu yang ringan secara teratur. Air kelapa dan minuman elektrolit juga bisa membantu mengganti elektrolit yang hilang akibat demam.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Kiwi untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Istirahat Cukup

Memberikan anak cukup waktu untuk istirahat adalah bagian penting dalam proses penyembuhan. Istirahat yang cukup membantu tubuh anak untuk melawan infeksi dengan lebih efisien.

5. Jahe dan Madu

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membantu menurunkan demam. Campurkan sedikit jahe parut dengan madu dan berikan pada anak Anda. Madu juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi.

Baca Juga: 8 Manfaat Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Sudah Tahu?

6. Mentimun

Mentimun mengandung air yang tinggi dan dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Iris mentimun tipis-tipis dan berikan pada anak sebagai camilan sehat.

7. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami. Bawang putih mentah yang dicampur dengan madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan demam.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Cuka Apel

Cuka apel diencerkan dengan air hangat dan digunakan untuk mengompres tubuh anak. Cuka apel memiliki sifat menurunkan panas dan bisa membantu meredakan demam.

Meskipun obat demam anak alami bisa membantu meredakan gejala, sangat penting untuk memantau suhu tubuh anak secara teratur dan mencari bantuan medis jika demam berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika anak menunjukkan tanda-tanda lain seperti sulit bernapas, ruam kulit, atau perilaku yang tidak biasa. Kesejahteraan anak adalah prioritas utama, dan jika Anda merasa cemas, selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan yang kompeten.

Selanjutnya: Kenali 4 Penyebab Umum Ketombe di Kulit Kepala

Menarik Dibaca: Kenali 4 Penyebab Umum Ketombe di Kulit Kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×