kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Obat Trigliserida Tinggi Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?


Senin, 16 Oktober 2023 / 12:07 WIB
Kenali 6 Obat Trigliserida Tinggi Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Obat trigiliserida tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah obat trigliserida tinggi alami yang perlu diketahui. Tidak hanya itu, obat trigliserida tinggi alami juga tidak kalah ampuh dan cocok dijadikan cara alternatif yang bisa dilakukan.

Trigliserida adalah jenis lemak yang ada dalam darah Anda. Ini adalah salah satu komponen utama dalam profil lipid tubuh Anda, bersama dengan kolesterol. 

Meskipun tubuh memerlukan trigliserida untuk menyimpan energi, terlalu banyak trigliserida dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, ada cara alami untuk mengelola dan mengurangi trigliserida tinggi tanpa harus mengandalkan obat-obatan.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa obat trigliserida tinggi alami di antaranya:

1. Pola Makan Sehat

Diet adalah kunci utama dalam mengontrol trigliserida tinggi. Pertama, hindari asupan lemak jenuh dan trans yang tinggi, yang banyak ditemukan dalam makanan cepat saji dan makanan olahan. Gantilah dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang dapat ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan.

Konsumsi lebih banyak serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Serat membantu menurunkan kadar trigliserida dengan mengikat lemak dalam usus Anda dan mengeluarkannya dari tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Batasi asupan gula dan karbohidrat sederhana. Makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar trigliserida. Gantilah dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh dan beras merah.

Konsumsi ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan makarel, yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini terbukti efektif dalam menurunkan trigliserida.

2. Berolahraga Teratur

Aktivitas fisik adalah cara lain yang efektif untuk mengurangi trigliserida tinggi. Olahraga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah Anda dan menurunkan trigliserida. Disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang hingga tinggi, seperti berjalan cepat, berenang, atau bersepeda.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

3. Mengontrol Berat Badan

Menjaga berat badan yang sehat juga dapat membantu menurunkan trigliserida. Terlalu banyak lemak tubuh, khususnya di sekitar perut, dapat meningkatkan produksi trigliserida. Jadi, mengendalikan berat badan dan menjalani pola hidup sehat adalah langkah penting.

4. Batasi Alkohol dan Berhenti Merokok

Alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida. Jika Anda minum alkohol, lakukan dengan bijak dan dalam jumlah yang terbatas. Merokok juga dapat memengaruhi profil lipid tubuh. Berhenti merokok adalah langkah yang penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui

5. Konsumsi Suplemen dengan Hati-Hati

Beberapa suplemen seperti omega-3, niacin, dan asam folat dapat membantu menurunkan trigliserida. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengambil suplemen ini, terutama jika Anda sedang minum obat lain.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

6. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat membantu tubuh menghilangkan lemak dan zat-zat berbahaya lainnya. Ini dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Penting untuk diingat bahwa mengelola trigliserida tinggi dengan cara alami memerlukan kesabaran dan konsistensi. Anda mungkin tidak melihat perubahan seketika, tetapi perubahan gaya hidup yang sehat ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dalam jangka panjang. 

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup Anda, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×