kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya


Senin, 16 Oktober 2023 / 09:39 WIB
6 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya
ILUSTRASI. Manfaat bunga telang untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat bunga telang secara maksimal.

Bunga telang, juga dikenal sebagai bunga kembang telang atau bunga telang biru, adalah tumbuhan merambat yang dikenal karena bunganya yang berwarna biru unik. 

Selain keindahannya, bunga telang juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bunga telang telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan dan kuliner di berbagai budaya, dan penelitian ilmiah juga semakin mengkonfirmasi manfaatnya.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Antioksidan Kuat

Bunga telang mengandung senyawa flavonoid, antosianin, dan polifenol lainnya yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

2. Menurunkan Tekanan Darah

Studi ilmiah menunjukkan bahwa bunga telang memiliki sifat hipotensif, yaitu mampu menurunkan tekanan darah. Senyawa aktif dalam bunga telang membantu melebarkan pembuluh darah dan memfasilitasi aliran darah yang lebih lancar. Ini dapat menjadi berita baik bagi mereka yang menderita hipertensi atau ingin menjaga kesehatan kardiovaskular mereka.

3. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam bunga telang juga berkontribusi pada manfaat kesehatannya. Vitamin C dikenal sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh yang efektif, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Mengonsumsi bunga telang secara teratur dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari penyakit.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Menyehatkan Kulit

Bunga telang mengandung senyawa yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan polusi. Masker wajah atau salep yang terbuat dari bunga telang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

5. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Bunga telang juga dapat mendukung kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam bunga telang membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Selain itu, senyawa dalam bunga telang juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

6. Menyediakan Nutrisi Penting

Selain vitamin C, bunga telang juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin A, B, dan mineral seperti kalsium dan fosfor. Ini membuatnya menjadi tambahan makanan yang baik untuk memastikan asupan nutrisi yang seimbang dalam diet.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Cara Mengonsumsi Bunga Telang

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi bunga telang, baik dalam bentuk makanan atau minuman. Bunga telang dapat digunakan dalam pembuatan teh, salad, kue, atau campuran minuman. Dalam beberapa budaya, bunga telang juga digunakan dalam hidangan tradisional.

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa varietas bunga telang mungkin mengandung senyawa beracun, jadi pastikan untuk membeli atau menggunakan bunga telang yang telah diolah dengan benar atau yang aman untuk dikonsumsi.

Dalam kesimpulan, bunga telang adalah tumbuhan yang kaya akan manfaat kesehatan. Dengan sifat antioksidan, kemampuan menurunkan tekanan darah, dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh, dan manfaat lainnya, ini adalah tambahan yang baik untuk diet sehat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba beberapa hidangan atau minuman yang menggunakan bunga telang dan nikmati manfaat kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×