kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Bunga Telang & Dampak Negatif Jika Salah Konsumsi


Minggu, 23 Juli 2023 / 05:15 WIB
Manfaat Bunga Telang & Dampak Negatif Jika Salah Konsumsi


Sumber: Gramedia.com,Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Bunga Telang - Jakarta. Manfaat bunga telang untuk kesehatan sangat banyak. Di balik manfaatnya untuk kesehatan, bunga telang juga bisa menimbulkan dampak negatif jika dikonsumsi berlebihan atau secara salah.

Manfaat bunga telang untuk kesehatan telah dipercaya sejak jaman dahulu. Terutama, manfaat bunga telang digunakan di bidang kecantikan dan kesehatan kulit.

Dilansir dari Gramedia.com, bunga telang ungu atau nama ilmiahnya adalah Clitoria ternatea merupakan salah satu bunga yang memiliki warna cantik ungu dan seringkali digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan maupun minuman. Karena warnanya yang cantik, bunga telang dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam di depan rumah.

Namun, selain sebagai tanaman hias, bunga telang juga memiliki manfaat lain yang bagus bagi kesehatan tubuh. Bunga telang kaya akan nutrisi yang tentu saja sangat bermanfaat.

Diberitakan Kompas.com, laman Medicine Net menyebutkan warna biru bunga telang berasal dari antosianin. Senyawa ini juga mampu mengurangi kekakuan arteri, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Teh Bunga Telang yang Kaya Antioksidan

Tanaman bunga telang ini turut mengandung asam oleat, asam lemak baik membantu mengurangi peradangan atau inflamasi dalam tubuh. Meski kaya akan manfaat, bahaya bunga telang juga dapat dirasakan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Dilansir dari website Kemkes.go.id, berikut sejumlah manfaat bunga telang untuk kesehatan:

1.    Baik untuk kesehatan otak

Manfaat bunga telang untuk kesehatan yang pertama adalah bagus untuk otak. Kembang telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf. Tak hanya itu, kembang telang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

2.    Membantu memperbaiki mood/ suasana hati

Manfaat bunga telang untuk kesehatan yang kedua adalah membantu memperbaiki suasana hati. Minum teh bunga telang dipercaya memiliki efek penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, mempengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

3.  Mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat bunga telang untuk kesehatan yang ketiga adalah mencegah kerontokan rambut. Bunga telang mengandung bioflavonoid dan anthocyanin, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta mampu mengatasi kerontokan rambut serta mengurangi munculnya uban.

4.    Mengandung antioksidan

Manfaat bunga telang untuk kesehatan yang keempat adalah sebagai sumber antioksidan. Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol dalam bunga telang, sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan.

Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam bunga telang juga manfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh.Antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

5. Mengurangi peradangan

Manfaat bunga telang untuk kesehatan yang kelima adalah mengurangi peradangan. Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak baik ini, ditemukan pada minyak zaitun.

Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan atau anti-inflamasi yang dapat mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

Baca Juga: Kenali Sederet Tanaman Herbal yang Ampuh Menyembuhkan Sakit Mata

6.  Mengurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung

Manfaat bunga telang untuk kesehatan yang keenam adalah mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung. Jika Anda mempunyai kondisi tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba bunga telang karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Alasannya adalah karena senyawa antosianin juga dapat membantu mengurangi kekakuan arteri.Semakin kaku arteri, maka semakin sulit darah mengalir sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Cara mendapatkan manfaat kesehatan dari bunga telang

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat bunga telang seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat membuat teh bunga telang, caranya petik 10 kelopak bunga tersebut lalu seduh dan rendam selama 15 menit di dalam air panas.

Ketika kelopaknya sudah tidak berwarna biru lagi, buang kelopak dan saring airnya. Air akan tampak berwarna biru keunguan dan siap untuk diminum.

Cara lain mendapatkan manfaat kesehatan dari bunga telang adalah dibuat teh dengan campuran air lemon.  Dengan tambahan perasan lemon, maka bunga telang pun akan terasa lebih segar.

Dampak negatif bunga telang

Cara konsumsi bunga telang harus dipatuhi dengan seksama. Pasalnya, ada dampak negatif bunga telang jika dikonsumsi secara sembarangan.

Dilansir dari Kompas.com, berikut dampak negatif penggunaan bunga telang secara sembarangan:

1. Mual

Merujuk Filosofi Hidup Sehat karya Destri Lestari Widodo, konsumsi bunga telang dapat memicu mual pada beberapa orang. Oleh karenanya, orang dengan sistem pencernaan sensitif dianjurkan untuk tidak mengonsumsi tanaman ini secara berlebihan.

Selain itu, khusus wanita hamil, juga diimbau untuk tidak terlalu banyak minum teh bunga telang lantaran efek sampingnya pada kandungan. Jika ingin mengonsumsinya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk mendapatkan dosis yang aman.

2. Sakit perut dan diare

Beberapa orang melaporkan efek samping berupa sakit perut dan diare saat mengonsumsi bunga telang, seperti menurut Healthline. Kendati demikian, belum ada penelitian terkait hubungan konsumsi bunga telang dengan efek samping masalah pencernaan ini. Sebagai pencegahan, jangan sungkan untuk berbicara dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang sebagai obat herbal.

3. Alergi

Seperti bahan pangan pada umumnya, bunga telang dapat menyebabkan reaksi alergi di orang-orang tertentu. Alergi makanan merupakan reaksi saat sistem kekebalan tubuh keliru merespons suatu makanan atau minuman sebagai ancaman.

Saat terkena alergi, tubuh akan mengeluarkan gejala bermacam-macam, seperti ruam, bentol, atau gatal. Tak sampai di situ, alergi makanan yang parah berpotensi menyebabkan anafilaksis yang dapat berujung pada kematian.

4. Iritasi

Selain alergi, mengoleskan bunga telang secara langsung terutama dalam waktu lama juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hal itu disebabkan kandungan zat aktif dalam bunga telang dapat merusak lapisan pelindung pada kulit, tidak terkecuali kulit wajah di sekitar mata. Kondisi tersebut pun berimbas pada kulit yang menjadi jauh lebih sensitif, sehingga mudah terkena iritasi.

Itulah manfaat bunga telang untuk kesehatan dan dampak negatif yang bisa timbul akibat penggunaan bunga telang sembarangan. Konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang untuk pengobatan alternatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×