kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahaya Bunga Telang, Cek Manfaat Bunga Telang untuk Kulit Tubuh


Selasa, 25 Juli 2023 / 10:26 WIB
Bahaya Bunga Telang, Cek Manfaat Bunga Telang untuk Kulit Tubuh
ILUSTRASI. Bahaya Bunga Telang, Cek Manfaat Bunga Telang untuk Kulit Tubuh


Sumber: Gramedia.com,Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Bahaya Bunga Telang - Jakarta. Manfaat bunga telang untuk kesehatan sangat beragam. Namun ada bahaya bunga telang jika dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai aturan.

Bahaya bunga telang untuk kesehatan perlu Anda ketahui. Ini penting untuk mencegah sesuatu yang buruk jika Anda ingin memanfaatkan bunga telang sebagai obat alternatif.

Dilansir dari Kompas.com, berikut bahaya bunga telang jika dikonsumsi secara sembarangan:

1. Mual

Bahaya bunga telang yang pertama adalah bisa menyebabkan mual. Merujuk Filosofi Hidup Sehat karya Destri Lestari Widodo, konsumsi bunga telang dapat memicu mual pada beberapa orang. Oleh karenanya, orang dengan sistem pencernaan sensitif dianjurkan untuk tidak mengonsumsi tanaman ini secara berlebihan.

Selain itu, khusus wanita hamil, juga diimbau untuk tidak terlalu banyak minum teh bunga telang lantaran efek sampingnya pada kandungan. Jika ingin mengonsumsinya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk mendapatkan dosis yang aman.

Baca Juga: Manfaat Bunga Telang & Dampak Negatif Jika Salah Konsumsi

2. Sakit perut dan diare

Bahaya bunga telang yang kedua adalah bisa menyebabkan sakit perut dan diare. Beberapa orang melaporkan efek samping berupa sakit perut dan diare saat mengonsumsi bunga telang, seperti menurut Healthline. Kendati demikian, belum ada penelitian terkait hubungan konsumsi bunga telang dengan efek samping masalah pencernaan ini. Sebagai pencegahan, jangan sungkan untuk berbicara dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang sebagai obat herbal.

3. Alergi

Bahaya bunga telang yang ketiga adalah bisa menimbulkan alergi. Seperti bahan pangan pada umumnya, bunga telang dapat menyebabkan reaksi alergi di orang-orang tertentu. Alergi makanan merupakan reaksi saat sistem kekebalan tubuh keliru merespons suatu makanan atau minuman sebagai ancaman.

Saat terkena alergi, tubuh akan mengeluarkan gejala bermacam-macam, seperti ruam, bentol, atau gatal. Tak sampai di situ, alergi makanan yang parah berpotensi menyebabkan anafilaksis yang dapat berujung pada kematian.

4. Iritasi

Bahaya bunga telang yang keempat adalah bisa menyebabkan iritasi. Selain alergi, mengoleskan bunga telang secara langsung terutama dalam waktu lama juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hal itu disebabkan kandungan zat aktif dalam bunga telang dapat merusak lapisan pelindung pada kulit, tidak terkecuali kulit wajah di sekitar mata. Kondisi tersebut pun berimbas pada kulit yang menjadi jauh lebih sensitif, sehingga mudah terkena iritasi.

Manfaat bunga telang untuk kesehatan kulit

Dihimpun dari Kompas.com, berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan kulit:

1. Melembapkan kulit

Salah satu manfaat bunga telang yang paling populer, yakni melembapkan dan mencegah kulit kering, seperti dikutip laman Healthline. Manfaat itu disebutkan dalam studi pada 2021, yang menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70 persen. Peningkatan hidrasi tersebut hanya dalam kurun waktu satu jam setelah diaplikasikan secara topikal atau langsung ke permukaan kulit.

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Kulit sangat membutuhkan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan dan elastisitas secara umum. Sebab setiap hari kulit terpapar oksidan atau radikal bebas melalui keringat, polusi, riasan, dan kotoran. Kehadiran antioksidan diperlukan untuk menangkal efek tersebut.

Sementara itu, bunga dengan nama ilmiah Clitoria ternatea ini kaya akan senyawa antioksidan, seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol. Bukan hanya itu, antioksidan dalam bunga telang juga membantu mengurangi garis-garis halus serta meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

3. Mengatasi iritasi ringan

Sebuah studi pada 2018 menemukan, masker dari ekstrak bunga telang membantu meredakan iritasi ringan pada kulit, seperti gatal. Manfaat bunga telang untuk kulit ini tak lepas dari warna biru cerahnya, yang secara tradisional dianggap sebagai sinyal pendinginan. Kemampuannya untuk menenangkan kulit iritasi turut membantu menghilangkan kemerahan akibat jerawat, kekeringan, dan kepanasan.

Di sisi lain, sebuah penelitian pada 2012 turut menyebutkan, ekstrak bunga telang dapat digunakan untuk meremajakan kulit. Kendati demikian, tes alergi diperlukan untuk mencegah kemungkinan alergi akibat penggunaan bunga telang pada kulit.

4. Mencegah kerutan dan garis halus

Merujuk Jurnal Farmaka (2022), secara in vitro, bunga telang merupakan agen antiglikasi yang kuat. Sifat antiglikasinya dapat meningkatkan produksi kolagen yang membantu memberikan elastisitas dan kekencangan pada organ terbesar manusia ini.

Glikasi merupakan reaksi yang menyebabkan kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan, dengan memproduksi produk akhir glikasi lanjutan. Saat produk akhir tersebut terbentuk, kolagen akan terpecah, sehingga memicu munculnya kerutan dan garis-garis halus.

5. Memperkuat skin barrier

Manfaat bunga telang selanjutnya, yakni memperkuat skin barrier alias lapisan terluar kulit yang berfungsi melindungi kulit dan tubuh. Khasiat tersebut berkat adanya kandungan antioksidan nabati dan vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

6. Mencegah kerusakan akibat sinar Matahari

Bukan hanya meningkatkan skin barrier, kandungan antioksidan pada bunga telang juga memberi kulit lapisan perlindungan ekstra terhadap kerusakan akibat sinar Matahari. Adapun kandungan antioksidan yang berperan, antara lain flavonoid, antosianin, flavonol, alkaloid, dan saponin.

Itulah bahaya bunga telang dan manfaat bunga telang untuk kesehatan kulit. Konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang untuk pengobatan alternatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×