kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Bunga Telang Ungu Bagi Kesehatan yang Menakjubkan


Minggu, 13 Agustus 2023 / 09:00 WIB
Ini 10 Manfaat Bunga Telang Ungu Bagi Kesehatan yang Menakjubkan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat bunga telang bagi kesehatan. Di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi tubuh, menenangkan pikiran, meningkatkan kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut.

Manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan bisa didapatkan dengan menyeduhnya dan meminum teh bunga telang. 

Ciri khas bunga telang atau kembang telang adalah memiliki kelopak berwarna biru cerah dan telah digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta digunakan untuk memasak. 

Kelopaknya tersebut memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas, sehingga dapat digunakan sebagai pewarna pada berbagai hidangan tradisional.

Bunga telang atau  Clitoria ternatea adalah tanaman dari famili Fabaceae dan umumnya ditemukan di seluruh negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, India, dan Sri Lanka. 

Baca Juga: Berikut Ini Beberapa Minuman untuk Mood Booster yang Mudah Ditemukan

Manfaat bunga telang untuk kesehatan 

Manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan

Bunga telang mengandung banyak antioksidan kuat seperti polifenol, tanin, katekin, serta fitonutrien berharga yang berperan dalam peningkatan memori otak, antihiperlipidemia, antihiperglikemik dan analgesik.

Dirangkum dari laman Netmeds.com dan Medicinenet.com, berikut manfaat bunga telang bagi kesehatan:

1. Memperlancar pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat khasiat bunga telang dapat memperlancar sistem pencernaan.

Minum secangkir teh bunga telang sekali atau dua kali seminggu dengan perut kosong dapat membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam sistem pencernaan.

Sehingga, manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan dapat memperlancar pencernaan.

Baca Juga: Bahaya Bunga Telang, Cek Manfaat Bunga Telang untuk Kulit Tubuh   

2. Memperbaiki suasana hati

Selanjutnya, dengan meminum teh bunga telang yakni dipercaya memiliki efek penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, mempengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Baca Juga: Ini 6 Minuman untuk Mood Booster yang Mudah Dijumpai

3. Membantu menurunkan berat badan 

Teh dari seduhan daun telang bebas dari kafein serta tidak mengandung karbohidrat, lemak, dan kolesterol. Oleh karena itu seduhan bunga telang adalah minuman yang ideal bagi mereka yang sedang diet atau menurunkan berat badan.

Selain itu, manfaat bunga telang juga bisa membersihkan usus dari sisa makanan dan kotoran, serta mengatur nafsu makan. 

Baca Juga: Waktu Terbaik Minum Air Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Flavonoid dalam bunga telang membantu merangsang produksi kolagen, membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit.

Minum secangkir seduhan bunga telang hangat secara teratur dapat menghilangkan partikel makanan yang tidak tercerna dari sistem pencernaan, hati dan ginjal. 

Hal ini pada akhirnya dapat membersihkan tubuh dari dalam sehingga membantu mencerahkan kulit kusam, menghilangkan bintik-bintik gelap dan warna kulit tidak merata.

Baca Juga: Jumlah Garam yang Dibolehkan Dikonsumsi dalam Sehari, Pengidap Hipertensi Wajib Tahu

5. Merangsang pertumbuhan rambut

Khasiat bunga telang juga baik untuk rambut karena mengandung anthocyanin, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Hal ini juga membantu memperkuat folikel rambut dari dalam.

Manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan juga bisa melawan kanker.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Bunga telang mengandung senyawa bioflavonoid yang memperkuat dan memasok antioksidan untuk melindungi dan memperbaiki kesehatan jantung.

Selain itu, manfaat bunga telang juga dapat membantu menurunkan volume kolesterol dan kadar lipid/lemak yang sangat tinggi dalam aliran darah lantaran kandungan antihiperlipidemia-nya. 

Baca Juga: Perhatikan, Ini Gejala Serangan Stroke dan Pertolongan Pertama Pada Pasien Stroke

7. Bagus untuk kesehatan mata

Kandungan proanthocyanidin membuat khasiat bunga telang dapat membantu menurunkan kemerahan dan pembengkakan yang dialami pada infeksi mata.

8. Melawan kanker

Manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan juga bisa melawan kanker. Bunga telang mengandung zat yang memiliki sifat antikanker. 

Mengonsumsi seduhan bunga telang kemungkinan dapat membantu tubuh dalam melawan kanker.  

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Migren, Ini 5 Makanan Penangkal Serangannya

9. Menurunkan tekanan darah 

Manfaat bunga telang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga bagi penderita darah tinggi disarankan untuk rutin mengonsumsi seduhan bunga telang. 

10. Baik untuk kesehatan otak

Kembang telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf. 

Tak hanya itu, manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Itulah sejumlah manfaat atau khasiat bunga telang untuk kesehatan. 

Tetapi, meski ada sejumlah manfaat bunga telang untuk kesehatan, namun kondisi medis yang serius seperti kanker, Alzheimer, demensia, diabetes, hipertensi tetap memerlukan perhatian medis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×