kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Minuman untuk Mood Booster yang Mudah Dijumpai


Selasa, 01 Agustus 2023 / 10:42 WIB
Ini 6 Minuman untuk Mood Booster yang Mudah Dijumpai


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali beberapa minuman untuk mood booster tubuh. Perbaikan mood atau perasaan positif dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dalam beraktivitas.

Mood booster merupakan segala sesuatu yang dapat meningkatkan suasana hati atau perasaan positif seseorang.

Media dari mood booster bisa berupa aktivitas, makanan, minuman, atau hal-hal lain yang dapat meningkatkan perasaan bahagia, nyaman, atau semangat seseorang.

Peningkatan mood dapat dipengaruhi oleh berbagai hormon yang berperan dalam mengatur suasana hati dan perasaan seseorang.

Baca Juga: Manfaat Bunga Telang & Dampak Negatif Jika Salah Konsumsi

Bahagia

Beberapa hormon yang memiliki peran penting dalam mempengaruhi mood adalah:

  • Serotonin: Ini merupakan salah satu hormon neurotransmitter yang memainkan peran kunci dalam mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang seimbang dalam otak dikaitkan dengan perasaan bahagia, tenang, dan relaks.
  • Dopamin: Dopamin adalah hormon neurotransmitter lain yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Hormon ini terkait dengan sistem hadiah di otak dan bertanggung jawab atas perasaan senang dan puas. Peningkatan kadar dopamin dapat menyebabkan perasaan euforia dan kebahagiaan.
  • Endorfin: Endorfin adalah hormon yang berperan dalam mengurangi rasa sakit dan meningkatkan perasaan bahagia. Aktivitas fisik, seperti olahraga, dapat merangsang pelepasan endorfin dan memberikan efek positif pada mood.
  • Oksitosin: Oksitosin sering disebut sebagai hormon cinta atau hormon sosial karena berperan dalam membentuk ikatan emosional antara individu. Pelepasan oksitosin dapat terjadi selama berinteraksi dengan orang-orang terdekat, seperti dalam hubungan romantis, persahabatan, atau saat merawat anak.

Tentu, Anda bisa mendapatkan mood booster Anda melalui berbagai kegiatan yang meningkatkan hormon yang berkaitan.

Dalam konteks minuman, ada beberapa minuman yang diketahui dapat berfungsi sebagai mood booster karena kandungan nutrisi atau senyawa tertentu yang dapat mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan energi.

Anda bisa menemukan mood booster setelah meminum beberapa rekomendasi berikut dilansir cari Calmer.

Baca Juga: 7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan yang Jangan Dilewatkan

Minuman untuk Mood Booster

1. Smoothie berbasis yogurt

Smoothie apel oat biji chia

Smoothie yang mengandung yogurt bisa menjadi mood booster karena yogurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus, dan kesehatan usus terkait erat dengan kesehatan mental.

2. Air kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami yang dapat membantu menghidrasi tubuh dengan cepat, dan keadaan tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat berkontribusi pada perasaan yang lebih baik.

3. Teh chamomile

Teh chamomile

Teh chamomile memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan tidur yang lebih baik.

4. Teh Kunyit

Ada banyak sekali teh yang memberikan dorongan suasana hati , tetapi tidak ada yang mendekati teh kunyit. Antioksidannya mengurangi jenis stres yang umumnya terkait dengan depresi.

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang

Kaldu tulang menghentikan neurotransmiter di otak Anda dari memberi sinyal ke tanda-tanda kecemasan dan membantu membawa relaksasi ke tubuh. 

6. Cokelat

Saat Anda ingin mencari sesuatu yang manis, Anda bisa membuat cokelat hangat yang tentu tanpa tambahan pemanis buatan. Manfaat minuman cokelat termasuk mengurangi stres dan meningkatkan daya ingat, hingga menurunkan peradangan.

Penting untuk diingat bahwa efek mood booster dapat bervariasi dari individu ke individu. Apabila Anda mengalami perubahan suasana hati yang berkepanjangan atau masalah kesehatan mental, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang terlatih. 

Demikian informasi terkait beberapa minuman untuk mood booster yang mudah dijumpai di sekitar Anda.

Selanjutnya: Simak 6 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Menarik Dibaca: Nasabah Valas Merapat, Cek Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Selasa 1 Agustus 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×