kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,85   7,21   0.78%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan yang Jangan Dilewatkan


Selasa, 04 Juli 2023 / 15:22 WIB
7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan yang Jangan Dilewatkan
ILUSTRASI. Manfaat cokelat untuk mood yakni dapat memperbaiki suasana hati dan menenangkan pikiran.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Cokelat adalah makanan yang digemari oleh banyak orang. Ternyata, ada sejumlah manfaat cokelat bagi kesehatan.

Hari Cokelat Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 7 Juli. Cokelat, yang berasal dari biji kakao, dikenal sebagai salah satu komoditas dengan nilai perdagangan paling tinggi di dunia.

Mengutip situs Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Indonesia merupakan negara dengan industri pengolahan cokelat ke-tiga terbesar di dunia, setelah Belanda dan Pantai Gading.

Baca Juga: Tabel Berat Badan Ideal Pria Menurut Kemenkes dan Makanan Penyebab Perut Buncit

Industri cokelat artisan atau cokelat buatan tangan di Indonesia tercatat menghasilkan 1.242 ton cokelat olahan per tahun dengan market share sebesar 1,3% dari konsumsi cokelat dalam negeri. 

Cokelat artisan berpeluang mengisi market share 10% bahkan lebih di Indonesia. “Kolaborasi seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk mendorong kemajuan industri cokelat tanah air.

Lantas, apa saja manfaat cokelat bagi kesehatan? 

Baca Juga: Cek Obat Alami Sesak Nafas di Sekitar Kita, Jangan Sampai Mengganggu Aktifitas

Manfaat cokelat hitam bagi kesehatan 

Manfaat Cokelat untuk Mood

Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, ada banyak manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh. Tokopedia bersama Dokter Gizi, dr Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK, pun mengungkapkan berbagai manfaat cokelat bagi kesehatan jelang Hari Cokelat Sedunia 2023.

Dirangkum dari keterangan resmi Tokopedia dan Healthline, berikut adalah sejumlah manfaat cokelat bagi kesehatan: 

1. Mencegah penyakit jantung dan menurunkan darah tinggi

Cokelat mengandung senyawa kimia yang dapat membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. 

"Bahkan dengan mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam yang kaya akan kandungan mineral, seperti zat besi, magnesium dan zinc–maka bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung hingga menurunkan darah tinggi,” ujar dr Elfina bersama Tokopedia.

Baca Juga: Masih Ada Daging Kambing Kurban? Yuk Olah Jadi Krengsengan & Tengkleng Kambing

2. Menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini

Cokelat cenderung dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan. Padahal jika dikonsumsi dalam porsi secukupnya, yaitu 30-50 gram per hari, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan.

Sehingga, manfaat cokelat hitam dapat membantu menurunkan berat badan. "Cokelat mampu meningkatkan sensitivitas hormon leptin yang memicu rasa kenyang serta mengurangi hormon ghrelin yang dapat mengurangi rasa lapar,” ujar dr Elfina bersama Tokopedia.

“Selain menurunkan berat badan, cokelat memiliki kandungan flavonoid serta antioksidan alami untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke otak hingga mencegah demensia dan penuaan dini,” kata dr Elfina bersama Tokopedia.

Baca Juga: Menggiurkan Lidah, Inilah Jenis-jenis Donat Paling Populer di Dunia

Masker berbasis bubuk cokelat juga bisa dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari.

Hal ini karena kandungan pada cokelat dapat membantu merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen. 

“Di Tokopedia sendiri, penjualan produk masker wajah dengan bubuk cokelat naik lebih dari 5 kali lipat,” ujar Sherine.

Baca Juga: 10 Tips Cepat Menurunkan Tensi Tinggi Secara Alami, Penderita Hipertensi Boleh Coba

3. Menenangkan pikiran dan meningkatkan mood

Manfaat cokelat untuk mood yakni dapat memperbaiki suasana hati dan menenangkan pikiran. Cokelat memang dikenal mampu memperbaiki mood. 

“Khasiat cokelat ini diperoleh dari beberapa kandungan cokelat yang memiliki efek antidepresan, seperti endorfin dan serotonin, sehingga dapat meningkatkan dan menjaga keseimbangan mood,” kata dr Elfina bersama Tokopedia.

Baca Juga: Mual dan Perut Begah Akibat Asam Lambung Bisa Hilang dengan 5 Minuman Ini

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat cokelat bagi kesehatan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk menghasilkan oksida nitrat (NO). 

Salah satu fungsi NO adalah mengirimkan sinyal ke arteri untuk menurunkan tekanan darah. Banyak studi menemukan bahwa kakao dan cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. 

Meski demikian, masih diperlukan banyak penelitian lanjutan mengenai manfaat cokelat hitam untuk kesehatan. 

Baca Juga: Gambar Selamat HUT Bhayangkara 2023, Cocok Diunggah di Instagram

5. Menurunkan kadar kolesterol 

Manfaat cokelat hitam juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Studi kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang dilengkapi dengan likopen flavanol dapat menurunkan kadar kolesterol total, yakni kolesterol jahat dan trigliserida secara signifikan. 

6. Bagus untuk kulit 

Manfaat cokelat hitam juga bagus untuk melindungi kulit dari sinar Matahari. Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam juga bagus untuk kulit.

Flavanol dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar Matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

Baca Juga: 10 Tips Cepat Menurunkan Tensi Tinggi Secara Alami, Penderita Hipertensi Boleh Coba

7. Bisa meningkatkan fungsi otak

Manfaat cokelat hitam juga bisa meningkatkan fungsi otak. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kakao yang mengandung flavanol tinggi dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang dewasa muda. 

Sehingga, mengonsumsi kakao setiap hari dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.  Flavanoid pada kakao juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dewasa dan lansia dengan gangguan kognitif ringan dan mengurangi kemungkinan berkembang menjadi demensia. 

Namun, penelitian lebih lanjut mengenai hal itu masih diperlukan. Selain itu, kakao mengandung zat stimulan seperti kafein dan teobromin, yang dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. 

Demikian sejumlah manfaat coklat maupun coklat hitam bagi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×