kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumlah Garam yang Dibolehkan Dikonsumsi dalam Sehari, Pengidap Hipertensi Wajib Tahu


Senin, 24 Juli 2023 / 07:52 WIB
Jumlah Garam yang Dibolehkan Dikonsumsi dalam Sehari, Pengidap Hipertensi Wajib Tahu
ILUSTRASI. Hipertensi sering disebut the silent killer karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JUMLAH GARAM YANG DIKONSUMSI PER HARI - Apa yang dimaksud dengan hipertensi? Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan di mana tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik  ≥ 90 mmHg.

Tekanan darah sistolik adalah indikasi tekanan pada pembuluh darah saat jantung memompa darah. Tekanan darah diastolik menunjukkan resistensi aliran darah di dalam pembuluh darah saat jantung memompa.

Mengutip laman Kemkes.go.id, hipertensi sering disebut “the silent killer” karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi, tetapi kemudian mendapatkan dirinya sudah terdapat penyakit penyulit atau komplikasi dari hipertensi.

Seseorang  yang datang ke fasilitas pelayanan kesehatan seringkali tidak menyadari bahwa mereka mengalami sakit hipertensi. Biasanya, mereka datang untuk berobat dengan keluhan yang dirasakan seperti  sakit kepala, rasa seperti berputar, dan penglihatan kabur.  

Bahkan seringkali  orang tersebut  sudah dengan penyakit penyulit atau komplikasi dari hipertensi hingga kerusakan organ.  Itulah mengapa hipertensi sering disebut dengan Silent Killer.

Menurut Emedicine health, penyakit hipertensi tidak dapat sembuh, namun bisa dikendalikan. Yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan hipertensi berdasarkan rekomendasi dari dokter dan penderita menjalankan pola hidup sehat, dengan cara:

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari, Sehari Cukup 30 Menit

1. Penurunan berat badan

2. Memperbanyak asupan sayuran dan buah- buahan

3. Olahraga

4. Mengurangi konsumsi alkohol

5. Berhenti merokok

6. Mengurangi asupan garam

Baca Juga: Tanda-Tanda Ginjal Bermasalah, Cek Obat Penurun Gula Darah Minim Efek Samping




TERBARU

[X]
×