kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,49   5,85   0.63%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

13 Buah & Sayur Perontok Darah Tinggi Lainnya, Penderita Hipertensi Wajib B


Senin, 17 Juli 2023 / 07:58 WIB
13 Buah & Sayur Perontok Darah Tinggi Lainnya, Penderita Hipertensi Wajib B
ILUSTRASI. Penderita hipertensi perlu konsumsi bahan makanan, buah dan sayur penurun darah tinggi seperti semangka, pisang dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar buah, sayur dan makanan lain penurun darah tinggi untuk mencegah penyakit hipertensi. 

Daging merah seperti kambing dan sapi termasuk salah satu bahan makanan penyebab darah tinggi. Oleh karena itu, disarankan makan buah, sayur dan makanan lain penurun darah tinggi agar tidak memicu hipertensi.

Hipertensi atau juga dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan silent disease yang sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang tak boleh diabaikan.

Itu karena hipertensi bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian. Kondisi yang disebut hipertensi adalah ketima pembacaan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik melebihi 90 mmHg.

Ketika tekanan darah tinggi ini dibiarkan tanpa penanganan, maka jantung dipaksa terus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi inilah yang menjadi salah satu penyebab hipertensi bisa menimbulkan komplikasi kesehatan parah.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sangat dianjurkan untuk membantu mengurangi peluang Anda mengalami hipertensi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Waktu yang Dibutuhkan

Apa saja makanan yang dapat membantu menurunkan darah tinggi? Berikut daftar buah, sayur dan makanan lain penurun darah tinggi:

1. Kacang pistachio

Daftar bahan makanan kedelapan penurun darah tinggi adalah kacang pistachio. Pistachio dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun darah tinggi karena dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi ketegangan pembuluh darah perife atau penyempitan pembuluh darah, dan detak jantung. Studi menemukan bahwa diet dengan satu porsi pistachio sehari dapat membantu mengurangi tekanan darah.

2. Buah beri

Daftar bahan makanan kesembilan penurun darah tinggi adalah buah beri. Buah beri, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Studi menemukan bahwa mengonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Blueberry, raspberry, maupun stroberi bisa dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Buah-buahan ini juga disantap bersama sereal di pagi hari.

Baca Juga: Pengidap Anoreksia Ingin Mati dengan Bantuan Medis, Kanada akan Mengizinkannya




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×