kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Obat Penurun Kolesterol Alami yang Aman Untuk Dikonsumsi, Apa Saja?


Selasa, 25 Juli 2023 / 07:35 WIB
Kenali 5 Obat Penurun Kolesterol Alami yang Aman Untuk Dikonsumsi, Apa Saja?


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Obat penurun kolesterol alami bisa dijadikan alternatif untuk mengobati kolesterol tinggi. Meski tidak instan, mengkonsumsi obat kolesterol alami cukup ampuh dan aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Obat penurun kolesterol alami kebanyakan mudah untuk didapatkan karena banyak dijual di pasaran. Selain itu, obat penurun kolesterol alami juga umumnya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kadar kolesterol dalam tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jika jumlah kolesterol tertalu tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke dan penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Terong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Lantas apa saja obat penurun kolesterol alami yang dapat dikonsumsi?

Melansir dari Common Sense Home, berikut ada beberapa obat penurun kolesterol yang perlu Anda ketahui:

1. Teh Hijau

Obat penurun kolesterol alami yang pertama adalah teh hijau. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh herbal yang mampu membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan kolesterol lebih cepat. Namun, pastikan meminum teh hijau dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

2. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan salah satu obat penurun kolesterol alami. Hal tersebut dikarenakan oatmeal mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, selain dapat menurunkan kolesterol tinggi, oatmeal juga termasuk salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Apel

Anda suka makan apel? Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan, khususnya penderita kolesterol tinggi. Apel juga termasuk ke dalam obat penurun kolesterol alami. Terdapat penelitian yang dilakukan Florida State University, menunjukkan bahwa apel dapat menurunkan kolesterol jahat jika dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Meski Pahit, Kenali 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

4. Bawang Putih

Obat penurun kolesterol alami selanjutnya yaitu bawang puting. Bawang putih tentu tak asing ditelinga karena kerap dijadikan bahan masakan. Namun, ternyata bawang putih mampu menurunkan kolesterol jahat loh. Pasalnya, bawang putih mengandung antivirus, antibakteri dan antioksidan yang mampu membantu Anda menghindari berbagai penyakit.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Keseharan, Yuk Simak!

5. Bluberi

Selain apel, mengkonsumsi bluberi juga baik untuk kesehatan tubuh serta mampu menurunkan kolesterol jahat pula. Bluberi mengandung antiinflamasi dan antioksidan efektif melawan radikal bebas dan pemicu berbagai penyakit lainnya termasuk menurunkan kolesterol.

Menarik Dibaca: Intip Jadwal Penerbangan Umrah Lion Air dari Semarang, Surabaya, dan Pekanbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×