Meski Pahit, Kenali 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Jumat, 02 Desember 2022 | 10:46 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Meski Pahit, Kenali 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Manfaat daun pepaya untuk kesehatan sepertinya masih asing di telinga kebanyakan orang. Pasalnya, selain dikenal mempunyai rasa pahit daun pepaya menyimpan segudang amnfaat yang baik untuk kesehatan.

Pasalnya, daun pepaya juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran daun pepaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan mempunyai rasa yang pahit, daun pepaya kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan tradisional seperti lotek, pecel, hingga dijadikan sayuran pelengkap berbagai makanan yang ditumis.

Baca Juga: Prediksi Kamerun vs Brazil dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

Lantas apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan?

Melansir dari Pharmeasy, berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, di antaranya: 

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Daun pepaya bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengurangi keinginan manis dan risiko terkena diabetes. 

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi ekstrak daun pepaya dapst membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol karena adanya serat makanan di dalamnya.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Ghana vs Uruguay Tayang 22.00 WIB (2/12)

2. Melancarkan Pencernaan

Daun pepaya mengandung air dan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Enzim papain yang ada dalam daun pepaya membantu proses pencernaan yang mudah dengan memecah protein. 

Dengan meminum segelas jus daun pepaya setiap hari dapat mencegah banyak masalah pencernaan seperti sembelit dan lain-lain.

3. Mencegah Kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat antikanker. Kandungan tersebut bermanfat untuk mencegah perkembangan sel kanker dan komplikasi lebih lanjut. 

Sesuai penelitian, ekstrak daun pepaya efektif dalam kanker usus besar dan prostat. Ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang menetralisir pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Prediksi Korea Selatan vs Portugal dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun pepaya lainnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru