kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa itu Kutu Air? Simak 5 Obat Kutu Air Alami yang Ampuh Ini


Kamis, 12 Oktober 2023 / 13:16 WIB
Apa itu Kutu Air? Simak 5 Obat Kutu Air Alami yang Ampuh Ini
ILUSTRASI. Cuka apel adalah salah satu obat kutu air alami.


Penulis: Ryan Suherlan

Obat Kutu Air Alami - Ada berbagai cara dan obat kutu air alami yang ampuh dan aman digunakan. Tidak hanya itu, kebanyakan obat kutu air alami juga relatif mudah didapatkan.

Sebelum itu, kutu air, atau yang dikenal juga sebagai kutu bulu, adalah masalah umum yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan kulit. 

Kutu air adalah parasit yang hidup di dalam folikel rambut manusia, seringkali menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan. Beberapa orang mungkin mencari solusi alami untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Cek 6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Ampuh dan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Merangkum dari BBC Wildlife dan berbagai sumber, berikut apa yang dimaksud kutu air dan obat kutu air alami:

Apa itu Kutu Air?

Kutu air adalah serangga yang kecil, berukuran sekitar 1-2 milimeter, dan biasanya berwarna hitam atau abu-abu. Mereka seringkali hidup di dalam folikel rambut dan dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Kutu air dapat menular melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi atau dengan menggunakan barang-barang pribadi yang terkontaminasi.

Obat Kutu Air Alami:

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi infeksi kutu air. Oleskan minyak kelapa extra virgin ke daerah yang terinfeksi dan biarkan meresap selama beberapa jam sebelum dibilas. Lakukan ini beberapa kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

2. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik yang kuat. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dan mengoleskannya ke kulit yang terinfeksi. Hindari penggunaan minyak pohon teh secara langsung pada kulit karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Daun Sirih

Daun sirih memiliki sifat antijamur dan antiseptik alami. Rebus daun sirih dalam air dan gunakan airnya sebagai obat cuci untuk daerah yang terinfeksi. Anda juga dapat menghancurkan daun sirih segar dan mengoleskannya secara langsung ke kulit.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Menakjubkan

4. Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami yang dapat membantu menghilangkan kutu air. Campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1 dan gunakan campuran ini sebagai obat cuci untuk kulit yang terinfeksi.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan yang Jarang DIketahui

5. Daun Kemuning

Daun kemuning adalah tanaman herbal yang memiliki sifat antijamur dan antiseptik. Anda dapat menghancurkan daun kemuning segar dan mengoleskannya ke kulit yang terinfeksi.

Jeruk Nipis: Jeruk nipis mengandung asam sitrat, yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengatasi kutu air. Oleskan jus jeruk nipis segar ke daerah yang terinfeksi dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×