kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 6 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan yang Luar Biasa


Rabu, 11 Oktober 2023 / 15:08 WIB
Simak 6 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat kulit pisang untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kulit Pisang - Terdapat berbagai manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kulit pisang juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kulit pisang secara maksimal.

Kulit pisang seringkali menjadi limbah yang terbuang begitu saja setelah kita mengonsumsi buah pisang. 

Namun, tahukah Anda bahwa kulit pisang sebenarnya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa penting yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa?

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Banyak Air yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas

Melansir dari WebMD, berikut beragam manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Serat

Kulit pisang mengandung serat makanan yang tinggi, yang sangat penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatasi masalah sembelit, menjaga pergerakan usus yang lancar, dan mencegah gangguan pencernaan lainnya. Dengan mengonsumsi kulit pisang, Anda dapat meningkatkan asupan serat dalam diet Anda secara alami.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Antioksidan yang Kuat

Kulit pisang mengandung berbagai antioksidan, termasuk lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker. Mengonsumsi kulit pisang secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam kulit pisang, seperti pektin, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini berarti kulit pisang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Menyehatkan Kulit

Kulit pisang juga mengandung senyawa seperti vitamin C dan E, yang penting untuk kesehatan kulit. Senyawa-senyawa ini membantu merangsang produksi kolagen, yang membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Anda bahkan dapat mencoba mengoleskan bagian dalam kulit pisang pada kulit Anda sebagai masker alami.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kulit pisang memiliki sifat antiinflamasi dan antiasam yang dapat membantu meredakan gejala gastritis dan refluks asam. Anda dapat mencoba mengunyah sedikit kulit pisang setelah makan sebagai cara alami untuk mengurangi ketidaknyamanan pencernaan.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

6. Mengandung Vitamin dan Mineral

Kulit pisang mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B6, vitamin B12, magnesium, dan kalium. Vitamin B6, misalnya, membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah yang sehat.
Namun, penting untuk mencuci kulit pisang dengan baik sebelum mengonsumsinya untuk menghilangkan residu pestisida dan kotoran. Selain itu, pilihlah buah pisang organik jika memungkinkan.

Meskipun kulit pisang mengandung berbagai manfaat kesehatan, ini tidak berarti Anda harus menggantikan buah pisang utuh dengan kulit pisang. Kulit pisang sebaiknya digunakan sebagai tambahan yang berguna dalam diet seimbang Anda. 

Dengan mengaplikasikan kulit pisang ke dalam kebiasaan makan sehari-hari, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang berharga dari limbah buah yang sering kita buang begitu saja. Jadi, jangan lagi anggap remeh kulit pisang – manfaat kesehatan yang tersembunyi di dalamnya sepadan untuk dieksplorasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×