kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Selasa, 10 Oktober 2023 / 12:18 WIB
8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kacang Panjang  - Banyak manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kacang panjang juga perlu diketahui untuk bisa mendapatkan manfaat kacang panjang secara maksimal.

Kacang panjang, atau yang dikenal juga dengan nama "bunga kacang" atau "kacang kantong," adalah sayuran yang populer di berbagai masakan di seluruh dunia. 

Selain menjadi bahan makanan yang lezat dan serbaguna, kacang panjang juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat kacang panjang untuk kesehatan:

1. Kaya Akan Nutrisi

Kacang panjang merupakan sumber nutrisi yang kaya, termasuk vitamin, mineral, serat, dan senyawa antioksidan. Mereka mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan beberapa vitamin B kompleks. Selain itu, kacang panjang juga mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan kesehatan darah.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Menarik Diketahui

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kacang panjang mengandung serat tinggi, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat juga membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mencegah pembekuan darah. Kacang panjang juga mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang dapat melindungi jantung dari kerusakan oksidatif.

3. Menyokong Sistem Pencernaan

Serat yang tinggi dalam kacang panjang membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan merangsang pertumbuhan bakteri sehat dalam usus. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus seperti divertikulosis dan kanker usus.

Baca Juga: Simak Obat Mabuk Perjalanan, Gejala dan Penyebab yang Penting Diketahui

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Kacang panjang memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak cepat meningkatkan kadar gula darah. Konsumsi kacang panjang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, yang sangat penting bagi penderita diabetes tipe 2 atau orang yang berisiko mengembangkan penyakit tersebut.

5. Mendukung Kesehatan Mata

Kacang panjang mengandung vitamin A dan beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu menjaga penglihatan yang baik dan mengurangi risiko penyakit mata seperti degenerasi makula.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Muda Untuk Kesehatan Anda, Catat Ya!

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kacang panjang adalah makanan rendah kalori dan rendah lemak, sehingga cocok untuk program penurunan berat badan. Serat tinggi dalam kacang panjang juga memberikan perasaan kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

7. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang panjang mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Dengan mengonsumsi kacang panjang secara teratur, Anda dapat membantu memperkuat pertahanan tubuh Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Sayuran Hijau Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

8. Menyediakan Antioksidan

Senyawa antioksidan seperti quercetin, kaempferol, dan katekin ditemukan dalam kacang panjang. Ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan penuaan dini.

Dalam rangka mendapatkan manfaat kesehatan ini, penting untuk mengonsumsi kacang panjang dalam diet seimbang. Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara, seperti direbus, ditumis, atau diintegrasikan ke dalam berbagai hidangan. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan semua manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh sayuran yang lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×