kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan yang Mengandung Banyak Air yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas


Selasa, 10 Oktober 2023 / 12:20 WIB
7 Makanan yang Mengandung Banyak Air yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas
ILUSTRASI. Semangka adalah salah satu makanan yang mengandung banyak air.


Penulis: Ryan Suherlan

Makanan untuk Musim Panas - Ada beragam makanan yang mengandung banyak air yang cocok dikonsumsi saat musim panas. Tidak hanya itu, kebanyakan makanan yang mengandung banyak air baik juga untuk kesehatan tubuh.

Air adalah elemen penting dalam kehidupan kita. Tubuh manusia terdiri sebagian besar dari air, dan kecukupan asupan air sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain minum air, kita juga dapat mendapatkan air melalui konsumsi makanan yang mengandung banyak air. 

Makanan kaya air tidak hanya membantu menjaga hidrasi tubuh, tetapi juga mengandung nutrisi penting yang berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Melansir dari WebMD, berikut berbagai makanan yang mengandung banyak air dan bermanfaat bagi kesehatan di antaranya:

1. Semangka

Semangka adalah buah yang sangat mengandung air, sekitar 90% dari beratnya. Selain air, semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan antioksidan seperti likopen. Likopen adalah senyawa yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan peradangan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Menarik Diketahui

2. Timun

Timun adalah sayuran yang mengandung banyak air dan rendah kalori. Ini adalah pilihan yang bagus untuk camilan sehat dan mengandung antioksidan serta vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang.

3. Selada

Selada hijau mengandung banyak air dan serat, membuatnya cocok untuk mengisi perut tanpa menambah banyak kalori. Selain itu, selada adalah sumber vitamin K, vitamin A, dan antioksidan.

Baca Juga: Simak Obat Mabuk Perjalanan, Gejala dan Penyebab yang Penting Diketahui

4. Stroberi

Stroberi adalah buah yang menyegarkan dan mengandung sekitar 90% air. Mereka juga mengandung vitamin C, serat, dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

5. Buah Pir

Pir mengandung air sekitar 84%, dan juga kaya serat, terutama serat larut yang dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Muda Untuk Kesehatan Anda, Catat Ya!

6. Tahu

Tahu adalah sumber protein nabati yang baik yang juga mengandung banyak air. Ini adalah alternatif yang baik untuk daging dalam diet vegetarian atau vegan.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, kangkung, dan brokoli mengandung banyak air dan nutrisi seperti vitamin K, vitamin A, dan asam folat.

Makanan-makanan ini bukan hanya segar dan enak, tetapi juga membantu menjaga tubuh kita terhidrasi sepanjang hari. Hidrasi yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh, mengingat bahwa air berperan dalam sejumlah fungsi vital, termasuk pencernaan yang baik, transportasi nutrisi, suhu tubuh yang terkontrol, dan detoksifikasi.

Selain itu, makanan yang mengandung banyak air sering kali rendah kalori, sehingga dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan sehat atau bagian dari makanan utama Anda untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×