kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Rabu, 11 Oktober 2023 / 15:08 WIB
Catat 7 Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat petai cina untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Petai Cina - Terdapat beragam manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, cara mengkonsumsi juga tidak kalah penting untuk bisa mendapatkan manfaat petai cina secara maksimal.

Petai Cina, atau yang dikenal juga dengan nama latinnya, Mucuna pruriens, adalah tanaman yang tumbuh di berbagai wilayah tropis di seluruh dunia. 

Buah petai cina memiliki bentuk yang unik, dengan biji berwarna hitam yang dikelilingi oleh lapisan bulu-bulu halus.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Banyak Air yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas

Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa budaya, terutama di Asia, karena khasiatnya yang beragam. 

Merangkum dari WebMD, berikut berbagai manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Protein dan Nutrisi Esensial

Petai Cina mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk protein, serat, mineral seperti magnesium, seng, dan fosfor, serta vitamin B seperti B1, B2, dan B3. Kandungan protein dalam petai Cina dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda, sehingga baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Petai Cina mengandung L-DOPA, yaitu prekursor neurotransmitter dopamin. Dopamin adalah zat kimia dalam otak yang berperan penting dalam regulasi mood dan perasaan bahagia. Konsumsi petai Cina dapat meningkatkan kadar dopamin dalam otak, sehingga dapat membantu mengatasi stres, depresi ringan, dan meningkatkan suasana hati.

3. Menyokong Fungsi Otak

Selain L-DOPA, petai Cina juga mengandung senyawa lain seperti serotonin dan 5-HTP yang dapat mempengaruhi fungsi otak. Serotonin berperan dalam regulasi tidur, mood, dan nafsu makan. 5-HTP digunakan dalam pengobatan untuk mengatasi gangguan tidur dan depresi. Konsumsi petai Cina secara teratur dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Mengatasi Masalah Seksual

Petai Cina juga dikenal memiliki potensi afrodisiak, terutama karena kandungan L-DOPA-nya yang dapat meningkatkan kadar dopamin. Dopamin dapat meningkatkan gairah seksual dan fungsi ereksi pada pria. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu mengatasi masalah ejakulasi dini.

5. Meningkatkan Kesuburan

Petai Cina telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan kesuburan pada pria. L-DOPA dalam petai Cina dapat meningkatkan produksi sperma dan mobilitas sperma, sehingga dapat membantu pasangan yang mengalami kesulitan untuk memiliki keturunan.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

6. Mendukung Kesehatan Jantung

Petai Cina mengandung serat, kalium, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah normal, sedangkan serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Antioksidan dalam petai Cina juga melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Menarik Diketahui

7. Membantu Mengatasi Gangguan Parkinson

Kandungan L-DOPA dalam petai Cina juga dapat bermanfaat bagi penderita penyakit Parkinson. L-DOPA digunakan dalam pengobatan Parkinson untuk mengatasi gejala seperti tremor dan kekakuan otot.

Meskipun petai Cina memiliki banyak manfaat potensial untuk kesehatan tubuh, perlu diingat bahwa konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat memiliki efek samping. 

Kandungan L-DOPA dalam petai Cina, jika dikonsumsi dalam dosis yang sangat tinggi, dapat menyebabkan gangguan tidur, kegelisahan, atau masalah pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi petai Cina dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan.

Sebelum memasukkan petai Cina atau suplemen L-DOPA ke dalam rencana makanan atau pengobatan Anda, sangat penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis atau ahli kesehatan yang kompeten, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasari atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×