kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Sabtu, 19 Agustus 2023 / 13:20 WIB
Ini 9 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat petai cina sudah sering digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia, terutama bagian daun dan buahnya. Petai cina adalah makanan yang cukup populer di Indonesia. 

Di berbagai daerah, petai cina disebut sebagai lamtoro. Namun, di Jawa petai cina biasa disebut mlanding atau kemlanding dan seringkali dijadikan bothok. 

Daun petai cina mengandung flavonoid, saponin, tanin, vitamin A, dan vitamin B1. Sedangkan buah petai cina mengandung mimosin, leukanin, leukanol, dan protein. 

Sejumlah kandungan tersebut membuat ada beragam manfaat petai cina untuk kesehatan salah satunya dapat meredakan diare. 

Selain itu, apa saja manfaat petai cina untuk kesehatan? 

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Ginjal, 6 Manfaat Lamtoro Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Manfaat petai cina 

Manfaat petai cina untuk kesehatan kulit

Dirangkum dari buku "Petai Cina (Leucaena Leucocephala): Penggunaan Tradisional, Fitokimia, dan Aktivitas Farmakologi" (2021), berikut sejumlah manfaat petai cina untuk kesehatan: 

1. Meringankan kencing manis 

Studi menunjukkan ekstrak dari polong petai cina dapat menurunkan gula darah. Selain itu, flavonoid yang ditemukan dalam petai cina juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

Petai cina mengandung saponin yang bermanfaat menurunkan gula darah. Saponin menurunkan lipid darah dan menurunkan respons glukosa darah. 

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lamtoro yang Kaya Antioksidan

Hasil meta-analisis yang dilakukan pada 2018 menunjukkan asupan tinggi flavonoid pada makanan berkolerasi dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2. 

Alkaloid dalam petai cina juga menurunkan glukosa darah yang dapat mengatasi diabetes. Untuk mendapatkan manfaat petai cina ini maka bisa dengan menggunakan biji petai cina tua. 

Caranya, 100 gram biji petai cina tua disangrai lalu ditumbuk halus seperti kopi. Kemudian, diseduh dengan segelas air mendidih. Ramuan ini dapat diminum satu kali sehari. 

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Gingseng Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

2. Meredakan diare 

Manfaat daun petai cina juga dapat meredakan diare. Khasiat ini diyakini paling tinggi ketika dikonsumsi bagian pucuk daun petai cina. 

3. Detoksifikasi 

Petai cina dapat mengeluarkan racun dari tubuh karena mengandung senyawa alkaloid. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh. 

Flavonoid juga membuat manfaat petai cina membantu menyingkirkan virus dan bakteri di dalam tubuh yang menganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan. 

Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya hepatitis. Fungsi ini juga berpengaruh pada kesehatan ginjal dan mendukung kinerjanya secara maksimal. 

Baca Juga: 7 Manfaat Gingseng Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Obat cacingan

Petai cina memiliki efek detoksifikasi yang tidak hanya mengeluarkan racun tapi juga bisa membasmi cacingan. Manfaat petai cina memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus yang membantu mengeluarkan cacing dalam tubuh. 

Bagian yang digunakan adalah biji segar petai cina. Cara pembuatannya adalah rebus biji petai cina dengan dua gelas air. 

Biarkan menyusut hingga tersisa sekitar satu gelas saja. Lalu, dinginkan dan sering. Kemudian, langsung diminum sekaligus. 

Efek samping pemakaian obat ini adalah mual. Sementara bagi ibu hamil, menyusui, dan memiliki penyakit batu empedu sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan ini. 

Baca Juga: Merontokkan Asam Urat Tinggi, Ini Manfaat Pare untuk Kesehatan

5. Anti kanker

Selanjutnya, manfaat petai cina juga membantu mencegah penyakit kanker. Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan kanker. 

Flavonoid dalam petai cina mampu mencegah sel-sel tubuh berkembang menjadi kanker. Flavonoid membantu mengatur aktivitas sel dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh yang bisa menjadi penyebab kanker. 

Studi menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu menghentikan penggandaan sel kanker. Sehingga, baik untuk tubuh mengonsumsi makanan dengan flavonoid dan menjaga pola makan yang sehat.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Demak yang Direkomendasikan untuk Dicoba

6. Menguatkan tulang

Petai cina juga mengandung kalsium dan fosfor yang memberi nutrisi pada tulang. Tubuh membutuhkan kalsium dan fosfor yang tepat untuk kesehatan tulang. 

Tubuh tidak menghasilkan kalsium, sehingga seseorang mengandalkan makanan untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Sehingga, manfaat petai cina dapat menjaga kesehatan tulang. 

7. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Perpaduan kandungan flavonoid, alkaloid, dan saponin menjadikan manfaat petai cina sebagai sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Saponin juga bertindak sebagai sumber anti bakteri dan anti virus. Efek ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit. 

Petai cina juga mengandung protein yang berperan dalam kekebalan tubuh. Mengonsumsi berbagai makanan sumber protein dapat mempercepat penyembuhan dan pemulihan tubuh saat sakit.  

Baca Juga: Apa Saja Bahan Makanan dengan Racun Alami dan Bagaimana Cara Mencegah Keracunan?

8. Menyehatkan kulit

Manfaat daun petai cina untuk kulit juga bisa mengatasi sejumlah masalah kulit. Petai cina memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. 

Petai cina juga dapat mengatasi peradangan kulit yang disebabkan karena psoriasis. Petai cina juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. 

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap tubuh.  

Baca Juga: Efektif Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan

9. Diet 

Petai cina mengandung tinggi protein namun rendah kalori. Konsumsi petai cina aman dan cocok dalam proses penurunan berat badan. 

Makanan tinggi protein dapat mengurangi rasa lapar, meningkatkan metabolisme, dan membantu membakar lebih banyak kalori. 

Demikian sejumlah manfaat petai cina untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×