kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan yang Jarang DIketahui


Rabu, 11 Oktober 2023 / 09:27 WIB
Kenali 8 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan yang Jarang DIketahui
ILUSTRASI. Manfaat jus wortel untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat jus wortel untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, manfaat jus wortel untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Wortel (Daucus carota) adalah salah satu sayuran yang sangat populer di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang manis dan renyah, wortel juga dikenal kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat nutrisi dari wortel adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat jus wortel untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Vitamin A

Wortel merupakan salah satu sumber terbaik vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, terutama untuk menjaga penglihatan yang baik. Mengonsumsi jus wortel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus wortel juga mengandung vitamin C, vitamin B, dan zat besi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan juga mendukung proses penyembuhan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus wortel rendah kalori dan mengandung serat, sehingga cocok sebagai minuman untuk program penurunan berat badan. Serat dalam jus wortel dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan berlebihan.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam jus wortel membantu menjaga kesehatan kulit. Mereka dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan membantu mengurangi gejala penuaan seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Jus wortel juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal. Selain itu, kandungan antioksidan dalam wortel dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan oksidasi dalam tubuh.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Menarik Diketahui

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam jus wortel dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Serat ini juga berperan dalam menjaga kesehatan usus dengan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

7. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi wortel atau jus wortel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, payudara, dan usus besar. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan senyawa fitokimia dalam wortel.

Baca Juga: Simak Obat Mabuk Perjalanan, Gejala dan Penyebab yang Penting Diketahui

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kandungan vitamin A dalam wortel juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin A membantu menjaga integritas lapisan luar gigi dan juga berperan dalam menjaga gusi tetap sehat.
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus wortel, disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan segar dan tanpa gula tambahan. 

Anda juga dapat mencampur jus wortel dengan jus buah-buahan lain untuk variasi rasa dan manfaat tambahan. Namun, seperti halnya dengan semua makanan dan minuman, konsumsilah dengan bijak dan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×