kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Rabu, 11 Oktober 2023 / 15:07 WIB
Kenali 7 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat daun kelor untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Kelor - Ada sejumlah manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi daun kelor juga tidak kalah penting untuk bisa memaksimalkan manfaat daun kelor secara maksimal.

Daun kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman yang telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan di berbagai belahan dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis. 

Daun kelor kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Banyak Air yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas

Merangkum dari Medical News Today, berikut beragam manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Daun kelor mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, dan protein. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun kelor meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B-complex (seperti B1, B2, B3, B6), kalsium, magnesium, besi, dan zinc. Kehadiran nutrisi ini menjadikan daun kelor sebagai sumber makanan yang sangat bergizi.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Menyediakan Antioksidan Kuat

Daun kelor mengandung senyawa antioksidan seperti quercetin, chlorogenic acid, dan beta-carotene. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit. Konsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan antioksidan dalam tubuh.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Kedua faktor ini adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Oleh karena itu, daun kelor dapat berpotensi mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam daun kelor mendukung kesehatan tulang dan gigi. Makanan yang kaya kalsium seperti daun kelor dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada orang yang rentan terhadap kondisi ini, seperti wanita menopause.

5. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam daun kelor berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Konsumsi cukup vitamin C dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

6. Membantu Pengelolaan Diabetes

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat menjadi tambahan yang baik dalam pengelolaan diabetes tipe 2. Namun, lebih banyak penelitian masih diperlukan untuk memahami mekanisme pasti dan dosis yang tepat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Menarik Diketahui

7. Mendukung Fungsi Otak

Kandungan vitamin E dalam daun kelor memiliki potensi untuk mendukung fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif. Senyawa antioksidan dalam daun kelor juga dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif.

Daun kelor adalah makanan yang sangat bergizi dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, sangat penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. 

Sebelum menambahkan daun kelor ke dalam diet Anda atau menggunakannya dalam bentuk suplemen, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah ada. Dengan memasukkan daun kelor ke dalam pola makan yang sehat, Anda dapat mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×