kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui


Senin, 16 Oktober 2023 / 04:26 WIB
Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat beragam manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Tidak hanya itu, manfaat lengkuas untuk kesehatan juga telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Lengkuas, atau dalam bahasa Latin disebut Alpinia galanga, adalah salah satu tumbuhan herbal yang telah digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional dan masakan di berbagai negara, terutama di Asia Tenggara.

Lengkuas ini juga memiliki akar yang kaya akan senyawa-senyawa aktif yang memberikan berbagai manfaat kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh:

1. Meredakan Masalah Pencernaan

Lengkuas telah lama digunakan untuk meredakan masalah pencernaan. Senyawa-senyawa dalam lengkuas, seperti gingerol, memiliki sifat anti-inflamasi dan antiradang yang membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan perut kembung. Selain itu, lengkuas juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan, yang mempromosikan penyerapan nutrisi dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

2. Antioksidan yang Kuat

Lengkuas mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker. Dengan mengonsumsi lengkuas secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

3. Efek Antiinflamasi

Lengkuas juga dikenal memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Senyawa-senyawa seperti gingerol dalam lengkuas dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit seperti osteoartritis, rheumatoid arthritis, dan kondisi inflamasi lainnya. Meredakan peradangan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan mobilitas.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Menyokong Kesehatan Jantung

Lengkuas dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa dalam lengkuas dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan mengendalikan tekanan darah. Ini adalah faktor penting dalam pencegahan penyakit jantung dan stroke. Konsumsi lengkuas dalam makanan sehari-hari dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat.

5. Menyokong Kesehatan Otak

Lengkuas juga diketahui memiliki potensi untuk mendukung kesehatan otak. Senyawa aktif dalam lengkuas dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, yang dapat memperbaiki fungsi kognitif dan meningkatkan daya ingat. Beberapa penelitian awal juga menunjukkan bahwa lengkuas dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam lengkuas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berarti tubuh Anda lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Meningkatnya kekebalan tubuh juga mempercepat proses penyembuhan jika Anda sakit.

Meskipun lengkuas memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa penggunaannya harus bijak. Terlalu banyak lengkuas dalam diet sehari-hari dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi lambung. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi lengkuas secara teratur, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×