kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Jumat, 02 Juni 2023 / 13:54 WIB
Catat 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Lengkuas - Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Hal tersebut dikarenakan manfaat lengkuas telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Sehingga manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh tidak usah diragukan. Bahkan, lengkuas kerap diolah dan dijadikan bahan alami untuk berbagai obat alami. 

Banyaknya manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh tersebut tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi di dalamnya.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh dan Takaran Ideal

Kandungan nutrisi lengkuas di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, kalium, natrium, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lagi. Lalu apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan?

Melansir dari Organic Facts, berikut beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang cukup menjadi sorotan adalah mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, lengkuas mengandung galangin yang memiliki sifat antikanker.

Menurut sebuah studi jurnal Nutrients menemukan bahwa lengkuas sangat efektif mengurangi risiko kanker, khususnya kanker usus besar.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh Jika Sering Dikonsumsi

2. Mengurangi Peradangan Kronis

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu juga dapat mengurangi peradangan kronis. Hal tersebut dikarenakan lengkuas mengandung antiinflamasi yang cukup tinggi. Sehingga mengkonsumsi mampu meredakan berbagai peradangan kronis.

3. Meningkatkan Imunitas

Selain itu, mengkonsumsi lengkuas juga efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh. Lengkuas termasuk salah satu jenis rempah yang mengandung vitamin C tinggi san antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya dapat meredakan peradangan kronis, lengkuas juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, lengkuas mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan dan mengurangi gejala penyakit jantung.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lengkuas lain dari antioksidan di dalamnya adalah dampaknya terhadap kesehatan otak. Dengan mengurangi pengendapan plak beta-amiloid di otak, lengkuas ini dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Mentah

6. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh yang tak kalah hebat yaitu juga dapat menjaga kesehatan reproduksi.

Studi telah menemukan bahwa lengkuas ini secara khusus dapat meningkatkan motilitas dan produksi sperma. Serta baik untuk mereka yang berjuang dengan kinerja atau kejantanan seksual. Itulah beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×