kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh dan Takaran Ideal


Jumat, 02 Juni 2023 / 11:21 WIB
Catat 5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh dan Takaran Ideal
ILUSTRASI. Manfaat minum air putih.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Air Putih  - Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya karena telah terbukti menjadi hal utama menjaga cairan tubuh. Selain itu, ada takaran ideal minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Selain itu, air putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jika diminum saat buka puasa. Pasalnya, selain menghilangkan rasa haus, minum air putih juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan bahagia.

Bahkan, saking memiliki banyak manfaat, air putih menjadi salah satu yang wajib untuk dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan minum air putih adalah cara untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh Jika Sering Dikonsumsi

Lantas apa saja manfaat air putih untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu manfaat air putih untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu meningkatkan daya ingat. Oleh sebab itu, minum air putih sangat penting untuk kesehatan otak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat merusak ingatan dan suasana hati pada setiap orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kekurangan air putih juga dapat meningkatkan risiko sakit kepala atau migrain pada beberapa orang.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan Selain Enak Dijadikan Jus

2. Menurunkan Berat Badan

Selain itu, manfaat air putih untuk kesehatan juga tidak kalah populer yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Tak heran, cukup banyak orang yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan dengan cara menambah frekuensi minum air putih.

Hal tersebut dikarenakan otak tidak bisa benar-benar membedakan antara lapar dan haus, sehingga sering kali kita menganggap haus sebagai lapar. Dengan begitu minum air putih dapat membuat terjadinya defisit kalori tanpa rasa lapar.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Paling Sering Alami, Catat Ya!

3. Meningkatkan Performa Olahraga

Ada banyak penelitian tentang efek hidrasi atau dehidrasi pada atlet, dan hasilnya menyimpulkan bahwa dehidrasi tidak hanya memengaruhi performa olahraga tetapi juga fungsi fisiologis. 

Oleh sebab itu menjaga tubuh tetap terhidrasi penting untuk dilakukan dengan cara minum air putih.

4. Mencegah Sembelit

Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh selanjutnya dipercaya mampu mencegah sembelit. Pasalnya, mengkonsumsi air putih mampu melancarkan sistem pencernaan baik pada anak-anak maupun orang tua.

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

5. Mendukung Kesehatan Kemih

Manfaat air putih untuk kesehatan yang terakhir yaitu dapat mendukung kesehatan kemih. Hal tersebut dikarenakan hidrasi yang buruk berisiko meningkatkan batu ginjal. 

Studi juga menunjukkan bahwa minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi risiko infeksi kandung kemih dan infeksi saluran kemih, termasuk sistitis, pada wanita. Itulah beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×