kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa untuk Turunkan Berat Badan


Rabu, 28 Desember 2022 / 08:28 WIB
5 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa untuk Turunkan Berat Badan
ILUSTRASI. Jika seseorang rutin mengonsumsi air putih setiap pagi, hal itu bisa memberi mereka beberapa manfaat kesehatan.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika seseorang rutin mengonsumsi air putih setiap pagi, hal itu bisa memberi mereka beberapa manfaat kesehatan.

Berikut adalah lima manfaat minum air putih di pagi hari, seperti yang dilansir dari Medical News Today:

 

1. Untuk kinerja mental

Menurut sebuah studi 2016, air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental - bahkan dehidrasi ringan dapat memiliki efek buruk pada kognisi.

Sebuah tinjauan tahun 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Baca Juga: Mudah didapat! Ini bahan alami perontok asam urat tinggi

Selain itu, peserta dalam penelitian ini minum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari.

Studi 2019 lainnya pada mahasiswa laki-laki menemukan bahwa dehidrasi memiliki efek negatif pada memori dan perhatian jangka pendek. Memori dan perhatian jangka pendek meningkat setelah para peserta kembali terhidrasi.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, minum air putih khususnya di pagi hari dapat membantu.

2. Meningkatkan suasana hati

Minum air juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati seseorang.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam jumlah sedikit memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Baca Juga: Cegah gula darah tinggi, cukup ubah kebiasaan ini

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika individu – yang biasanya minum air dalam jumlah besar – mengurangi asupan air mereka, mereka mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan kepuasan, dan pengurangan ketenangan dan emosi positif.

Sebuah studi 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi memengaruhi suasana hati secara negatif, sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan gejala kelelahan.

Dengan pemikiran ini, seseorang mungkin ingin minum air sepanjang hari untuk mengalami efek positif yang berkepanjangan pada suasana hati mereka.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×