kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Yuk Catat!


Senin, 30 Oktober 2023 / 13:07 WIB
7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Yuk Catat!
ILUSTRASI. Manfaat daun sirih cina untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat daun sirih cina untuk kesehatan tubuh yang luar bisa dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, cara mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirih cina secara maksimal.

Daun sirih cina, atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya, Piper betle, adalah tumbuhan yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara, terutama di Asia. 

Daun sirih cina memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang telah diakui selama berabad-abad.

Baca Juga: Cek 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Melansir dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat daun sirih cina untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Daun sirih cina mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti flavonoid, tannin, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan DNA. Konsumsi daun sirih cina secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan stres oksidatif, seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Baca Juga: 8 Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

2. Meredakan Radang

Daun sirih cina juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi individu yang menderita penyakit peradangan seperti arthritis atau penyakit autoimun. Daun sirih cina dapat membantu mengurangi gejala peradangan, seperti nyeri sendi dan pembengkakan.

3. Menyokong Fungsi Pencernaan

Daun sirih cina telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan masalah pencernaan. Senyawa yang terkandung dalam daun sirih cina dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan, meredakan gejala seperti kembung, gas, dan gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Kenali 9 Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Meningkatkan Kesehatan Oral

Khasiat daun sirih cina dalam menjaga kesehatan mulut telah diakui secara luas. Daun ini mengandung zat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dalam mulut. Karena itu, daun sirih cina digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah seperti bau mulut, gusi berdarah, dan peradangan gusi. Pengunyahan daun sirih cina juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

5. Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih cina mungkin memiliki efek positif pada pengaturan gula darah. Ini bisa bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang berisiko tinggi mengalami diabetes. Meskipun penelitian masih terus dilakukan, hasil awal menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih cina dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

6. Potensi Antimikroba

Daun sirih cina memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi bakteri, virus, dan jamur. Ini dapat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu melawan infeksi kulit, gangguan saluran pernapasan, dan masalah lainnya yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen.

Baca Juga: Kenali 8 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

7. Kualitas Antikanker

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan potensi daun sirih cina dalam melawan pertumbuhan sel kanker. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, senyawa yang ditemukan dalam daun sirih cina dapat memiliki efek antikanker yang dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit kanker.

Meskipun daun sirih cina memiliki banyak manfaat kesehatan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakannya sebagai pengobatan alternatif atau tambahan. Selalu perhatikan dosis yang tepat dan potensi interaksi dengan obat-obatan lain jika Anda sedang menjalani pengobatan medis.

Daun sirih cina adalah contoh lain dari bagaimana tanaman dan herbal tradisional dapat memberikan manfaat kesehatan yang berharga. Dalam upaya menjaga kesehatan Anda, selalu penting untuk mencari informasi yang andal dan mendiskusikan penggunaan herbal dengan profesional kesehatan yang berkualifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×