kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 9 Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Senin, 30 Oktober 2023 / 09:35 WIB
Kenali 9 Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat blueberry untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat blueberry untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Selain itu, manfat blueberry juga telah teruji secara klinis.

Blueberry, atau disebut juga dengan buah beri biru, merupakan salah satu jenis buah beri yang dikenal akan rasa manisnya dan warna biru yang menarik. 

Selain rasanya yang lezat, blueberry juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah diteliti secara ilmiah.

Baca Juga: Meski Pahit, Ini 8 Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Melansir dari Eating Well, berikut beberapa manfaat blueberry untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Antioksidan

Blueberry merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyebabkan stres oksidatif, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 8 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Konsumsi blueberry secara rutin telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kandungan serat, kalium, folat, dan antioksidan dalam blueberry dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

3. Mendukung Kesehatan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan kesehatan otak secara keseluruhan. Kandungan senyawa seperti flavonoid dan antosianin dalam buah ini diketahui memiliki efek protektif pada otak, mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Blueberry memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan serat dan antioksidan dalam blueberry juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang sangat penting untuk pencegahan diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Antioksidan seperti lutein dan zeaksantin dalam blueberry dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan stres oksidatif. Ini dapat membantu dalam mencegah masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Tulip Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Blueberry mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengatur gerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

7. Menyediakan Nutrisi yang Penting

Blueberry mengandung vitamin C, vitamin K, dan mangan, yang penting untuk kesehatan tulang dan kulit. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A dan vitamin E, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

8. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa konsumsi blueberry secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker, terutama kanker mulut, kerongkongan, dan kolorektal. Antioksidan dalam blueberry dapat membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Juga: 8 Obat Demam Anak Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Blueberry adalah camilan yang sehat karena rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, blueberry dapat mempercepat metabolisme dan membantu pembakaran lemak.

Meskipun blueberry memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa tidak ada makanan tunggal yang bisa memberikan manfaat kesehatan secara instan. Kunci untuk kesehatan yang baik adalah mengadopsi pola makan seimbang yang mencakup berbagai jenis makanan sehat. Blueberry dapat menjadi bagian penting dari diet Anda, tetapi pastikan untuk mengkombinasikannya dengan makanan lain yang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×