kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 10 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Selasa, 31 Oktober 2023 / 04:47 WIB
Simak 10 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat kacang polong untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan dan menarik diketahui. Selain itu, manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh juga telah teruji secara klinis khasiatnya.

Kacang polong, atau yang juga dikenal dengan sebutan peas, merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sering diabaikan dalam daftar makanan sehat. Namun, kacang polong sebenarnya memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Kacang polong adalah salah satu sumber nutrisi yang kaya dan dapat menjadi tambahan yang baik untuk diet sehari-hari Anda.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat kacang polong untuk kesehatan:

1. Kaya Akan Nutrisi Esensial

Kacang polong mengandung berbagai nutrisi esensial yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mereka mengandung vitamin, mineral, serat, dan protein. Kacang polong mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B, serta mineral seperti kalium, besi, magnesium, dan fosfor. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, kulit, penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi otak.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Kaya Serat

Kacang polong kaya serat, yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat dalam kacang polong dapat membantu mencegah sembelit, meredakan peradangan dalam saluran pencernaan, dan mendukung kesehatan usus. Konsumsi serat secara teratur juga dapat membantu mengendalikan berat badan dan menjaga kadar gula darah yang stabil.

3. Sumber Protein Nabati

Kacang polong adalah sumber protein nabati yang baik. Protein adalah komponen penting dalam pembentukan jaringan tubuh, pembentukan otot, dan menjaga keseimbangan hormon. Ini adalah pilihan yang baik untuk vegetarian atau vegan yang mencari alternatif sumber protein hewani.

Baca Juga: Catat 7 Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

4. Kaya Antioksidan

Kacang polong mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan membantu mencegah penuaan dini dan mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi kacang polong secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang polong rendah lemak jenuh dan kolesterol, dan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, serat dalam kacang polong juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Yuk Catat!

6. Menurunkan Risiko Kanker

Antioksidan dalam kacang polong juga dapat membantu mengurangi risiko perkembangan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang polong dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan kanker.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kacang polong mengandung vitamin A dan lutein, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A penting untuk penglihatan malam, sementara lutein dapat melindungi mata dari kerusakan sinar ultraviolet dan mencegah degenerasi makula.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang polong mengandung vitamin K dan mineral seperti fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam pembentukan tulang yang kuat dan menjaga keseimbangan mineral dalam tulang.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam kacang polong membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang sehat. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi keriput.

Baca Juga: Cek 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

10. Mendukung Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang polong dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung berbagai nutrisi esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Meskipun kacang polong mungkin tidak sepopuler beberapa makanan super lainnya, manfaat kesehatannya tidak bisa diabaikan. Menambahkan kacang polong ke diet Anda bisa menjadi langkah yang cerdas dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Mereka adalah sumber nutrisi yang sangat baik dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari sup hingga salad. Jadi, jangan ragu untuk mengintegrasikan kacang polong ke dalam pola makan sehat Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×