kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Selasa, 31 Oktober 2023 / 09:04 WIB
Kenali 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi jeruk mandarin juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat jeruk mandarin tersebut.

Jeruk mandarin adalah salah satu jenis buah jeruk yang populer di seluruh dunia. Dikenal dengan kulitnya yang mudah dikupas dan rasanya yang segar, jeruk mandarin bukan hanya lezat, tetapi juga kaya manfaat bagi kesehatan. 

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang menarik diketahui di antaranya:

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

1. Kaya akan Vitamin C

Jeruk mandarin mengandung jumlah vitamin C yang cukup tinggi, yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, dan membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. Konsumsi jeruk mandarin secara rutin dapat membantu mencegah penyakit-penyakit seperti flu, pilek, dan infeksi lainnya.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jeruk mandarin rendah kalori dan lemak, sehingga cocok sebagai bagian dari diet sehat. Kandungan seratnya membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, jeruk mandarin mengandung kalium, mineral yang mendukung tekanan darah yang sehat.

3. Mendukung Pencernaan

Serat dalam jeruk mandarin membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi makanan tinggi serat seperti jeruk mandarin dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah masalah pencernaan.

Baca Juga: Catat 7 Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

4. Menyediakan Antioksidan Alami

Selain vitamin C, jeruk mandarin mengandung senyawa-senyawa antioksidan lainnya seperti beta-karoten dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan berbagai penyakit.

5. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Jeruk mandarin adalah pilihan camilan sehat karena rendah kalori dan mengandung serat. Camilan yang sehat seperti ini dapat membantu menjaga berat badan yang seimbang, sehingga dapat mendukung kesehatan keseluruhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Yuk Catat!

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk mandarin membantu merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi jeruk mandarin secara rutin dapat membantu mengurangi keriput dan menjaga kulit tetap segar dan bercahaya.

7. Membantu Manajemen Diabetes

Jeruk mandarin memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar setelah dikonsumsi. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk individu dengan diabetes atau yang berisiko mengembangkan penyakit ini.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam jeruk mandarin membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah penglihatan. Vitamin A penting untuk fungsi retina dan menjaga mata tetap sehat.

9. Menyediakan Nutrisi Esensial

Selain vitamin C dan A, jeruk mandarin juga mengandung vitamin B kompleks, seperti tiamin dan folat, serta mineral seperti magnesium dan kalium, yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Cek 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

10. Meningkatkan Mood

Aroma segar dari jeruk mandarin telah terbukti dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Mengonsumsi jeruk mandarin atau menggunakan minyak esensial jeruk mandarin dalam aromaterapi dapat membantu meredakan kegelisahan dan meningkatkan rasa bahagia.

Dalam mengintegrasikan jeruk mandarin ke dalam diet sehari-hari, pastikan untuk memilih buah yang segar dan matang. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya dalam berbagai hidangan, jus, atau salad. Jeruk mandarin adalah buah yang lezat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×