kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 10 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Selasa, 31 Oktober 2023 / 09:05 WIB
Simak 10 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat buah persik untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah persik juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah persik tersebut.

Buah persik, dengan rasa manis dan aroma harum yang khas, adalah salah satu buah musim panas yang sangat dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Selain menjadi buah yang lezat, persik juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengagumkan. Buah persik mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrisi

Persik adalah sumber vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin E, dan vitamin B-complex. Selain itu, buah ini juga mengandung mineral seperti kalium, fosfor, dan magnesium. Nutrisi ini mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan, kesehatan mata, dan kesehatan tulang.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mengandung Serat

Buah persik mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengurangi risiko penyakit usus. Selain itu, serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Antioksidan Alamiah

Persik mengandung antioksidan alamiah, seperti beta-karoten dan senyawa polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Yuk Catat!

4. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah persik bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu memperbaiki dan meremajakan kulit, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi lingkungan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah persik berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga penglihatan yang baik, serta dapat mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula.

Baca Juga: Catat 7 Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium dalam persik dapat membantu mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Kalium membantu mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk fungsi jantung yang sehat.

7. Menyediakan Energi Alami

Buah persik mengandung gula alami yang memberikan energi cepat. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang sehat dan alami untuk meningkatkan energi Anda tanpa perlu mengonsumsi gula tambahan.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dalam buah persik membantu dalam penyerapan kalsium, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang Anda.

9. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam persik, terutama senyawa polifenol, telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Mereka dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali.

Baca Juga: Cek 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

10. Mendukung Kesehatan Jantung

Selain kalium, buah persik juga mengandung serat dan senyawa fitokimia yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi persik secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penting untuk diingat bahwa manfaat buah persik untuk kesehatan ini akan lebih optimal jika dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Cobalah untuk menikmati persik segar saat musim panas tiba atau mencoba berbagai cara untuk mengolahnya, seperti dalam salad buah, smoothie, atau selai. Dengan mengintegrasikan buah persik ke dalam pola makan Anda, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang berlimpah dari buah yang lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×