kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Manfaat Buah Cokelat Untuk Kesehatan yang Tidak Jarang Diketahui


Selasa, 31 Oktober 2023 / 11:01 WIB
Kenali 6 Manfaat Buah Cokelat Untuk Kesehatan yang Tidak Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah cokelat untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat buah cokelat untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah cokelat juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah cokelat secara maksimal.

Buah cokelat, atau lebih dikenal dengan nama buah kakao, adalah salah satu jenis buah yang cukup populer di seluruh dunia. Kakao adalah bahan dasar dari cokelat, yang dikenal karena rasa manis dan gurihnya. 

Namun, selain menjadi bahan dasar cokelat, buah cokelat juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat buah cokelat untuk kesehatan di antaranya:

1. Sumber Antioksidan

Buah cokelat mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk flavonoid, polifenol, dan katekin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Konsumsi kakao atau cokelat hitam dalam jumlah moderat telah terkait dengan peningkatan kesehatan jantung. Antioksidan dalam buah cokelat dapat membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan darah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk penyakit arteri koroner.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Kakao mengandung senyawa yang disebut flavonol, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Ini dapat meningkatkan kognisi, memori, dan fungsi otak secara keseluruhan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi kakao dapat membantu melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: Catat 7 Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah cokelat juga mengandung senyawa bernama flavonoid, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Makanan ini dapat meningkatkan kelembapan kulit dan memberikan perlindungan alami terhadap sinar UV. Ini bukan pengganti tabir surya, tetapi dapat menjadi tambahan yang baik dalam menjaga kulit tetap sehat.

5. Meningkatkan Mood

Kakao mengandung senyawa yang disebut feniletilamin, yang dikenal sebagai "zat cinta." Feniletilamin ini dapat merangsang pelepasan endorfin dalam otak, yang dapat meningkatkan mood dan memberikan perasaan bahagia. Inilah sebabnya mengapa cokelat sering dianggap sebagai makanan peningkat mood.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Yuk Catat!

6. Mendukung Fungsi Pencernaan

Buah cokelat mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, buah cokelat juga mengandung prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri baik dalam usus. Ini dapat membantu menjaga keseimbangan flora usus yang sehat.

Meskipun buah cokelat memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Cokelat yang mengandung gula dan lemak tambahan mungkin tidak memberikan manfaat yang sama seperti cokelat hitam murni. Selalu pastikan untuk memilih produk cokelat yang memiliki kandungan kakao yang tinggi dan rendah gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×