kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,97   7,66   0.84%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 10 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Secara Alami, Sudah Coba?


Rabu, 01 November 2023 / 10:29 WIB
Simak 10 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Secara Alami, Sudah Coba?
ILUSTRASI. Cara mengatasi tulang belakang sakit secara alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak cara mengatasi tulang belakang sakit secara alami yang bisa dilakukan. Selain itu, kebanyakan cara mengatasi tulang belakabg sakit alami mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Sakit tulang belakang atau nyeri punggung adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Berbagai faktor seperti postur tubuh yang buruk, cedera, gaya hidup tidak sehat, atau stres dapat menjadi penyebabnya. 

Namun, ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengurangi atau mengatasi sakit tulang belakang tanpa perlu obat-obatan.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Melansir dari Medstar Health, berikut beberapa cara mengatasi tulang belakang sakit secara alami:

1. Pemanasan dan Peregangan

Peregangan fisik sebelum melakukan aktivitas fisik atau olahraga sangat penting. Ini membantu mempersiapkan otot dan sendi Anda, mencegah cedera, dan mengurangi sakit punggung. Cobalah peregangan sederhana untuk meningkatkan kelenturan otot dan meredakan ketegangan di sekitar tulang belakang.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Berolahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang Anda. Aktivitas fisik seperti berenang, yoga, atau berjalan kaki bisa membantu menjaga tulang belakang tetap sehat. Pastikan untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan kondisi fisik Anda.

3. Postur Tubuh yang Baik

Memiliki postur tubuh yang baik sangat penting untuk mencegah sakit punggung. Cobalah untuk duduk dan berdiri dengan posisi yang tepat, serta menghindari duduk dalam waktu yang lama tanpa istirahat. Gunakan kursi yang mendukung punggung Anda.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

4. Bantal dan Kasur yang Tepat

Gunakan bantal dan kasur yang sesuai dengan postur tubuh Anda. Kasur yang terlalu lembut atau terlalu keras dapat memicu sakit punggung. Pilihlah kasur yang memberikan dukungan yang baik bagi tulang belakang Anda.

5. Teknik Pernapasan dan Relaksasi

Stres dan ketegangan emosional dapat menyebabkan sakit punggung. Cobalah teknik pernapasan dalam dan latihan relaksasi seperti meditasi untuk meredakan stres. Stres yang berlebihan dapat membuat otot-otot tegang, yang pada gilirannya dapat menyebabkan sakit punggung.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

6. Minum Air yang Cukup

Kehidratan yang baik sangat penting untuk menjaga disk dalam tulang belakang tetap sehat. Air membantu dalam menopang berat tubuh Anda dan menjaga fleksibilitas tulang belakang.

7. Diet Seimbang

Nutrisi yang tepat adalah kunci untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Pastikan Anda mendapatkan cukup kalsium, vitamin D, dan magnesium dalam makanan Anda, karena nutrien ini membantu memelihara kepadatan tulang.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

8. Menghindari Beban Berat

Ketika Anda mengangkat beban, pastikan Anda melakukannya dengan benar. Teknik pengangkatan yang salah dapat menyebabkan cedera punggung. Gunakan otot-otot kaki Anda untuk mengangkat benda berat dan hindari membungkuk saat mengangkat.

9. Terapi Panas dan Dingin

Penggunaan kompres panas atau dingin dapat memberikan bantuan segera dari sakit punggung. Kompres panas membantu meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan kompres dingin mengurangi peradangan. Gunakan metode ini sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

10. Berkonsultasi dengan Profesional Kesehatan

Jika sakit punggung Anda parah atau berlangsung dalam waktu yang lama, konsultasikan dengan profesional kesehatan. Mereka dapat memberikan diagnosis yang tepat dan memberikan saran yang sesuai, termasuk terapi fisik atau perawatan medis.

Sakit tulang belakang bisa sangat mengganggu, namun dengan langkah-langkah alami di atas, Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan dan mencegahnya dari kambuh. Ingatlah bahwa setiap orang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi penting untuk mencari saran dari profesional kesehatan jika Anda memiliki masalah tulang belakang yang serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×