kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.495   39,00   0,25%
  • IDX 7.740   5,14   0,07%
  • KOMPAS100 1.202   0,02   0,00%
  • LQ45 959   0,20   0,02%
  • ISSI 233   0,05   0,02%
  • IDX30 493   0,53   0,11%
  • IDXHIDIV20 592   0,91   0,15%
  • IDX80 137   0,16   0,11%
  • IDXV30 143   0,28   0,20%
  • IDXQ30 164   0,03   0,02%

Ini 6 Daftar Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang, Salah Satunya Bersepeda


Jumat, 11 Agustus 2023 / 16:33 WIB
Ini 6 Daftar Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang, Salah Satunya Bersepeda
ILUSTRASI. Ini 6 Daftar Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang, Salah Satunya Bersepeda. KONTAN/BAihaki/11/6/2020


Penulis: Bimo Kresnomurti

Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang - JAKARTA. Simak daftar olahraga yang berguna untuk kesehatan tulang belakang. Setiap orang perlu memperhatikan kebugaran dan kesehatan tulang termasuk sistem syaraf dan tulang di tubuh bagian belakang.

Kesehatan tulang belakang merujuk pada kondisi fisik dan fungsionalitas sumsum tulang belakang serta struktur tulang dan jaringan yang terkait di sekitarnya.

Sumsum tulang belakang adalah bagian dari sistem saraf pusat yang menghubungkan otak dengan tubuh melalui serabut saraf.

Tulang belakang, yang terdiri dari rangkaian tulang yang disebut vertebrae, melindungi sumsum tulang belakang dan berperan dalam memberikan dukungan struktural bagi tubuh.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Ini 13 Bahaya Makanan Cepat Saji

Kesehatan Tulang Belakang

Tentu, kebutuhan mengenai tulang belakang yang sehat ada beberapa aspek yang perlu diketahui:

  • Postur yang Benar: Memelihara postur yang baik dalam beraktivitas sehari-hari dapat mengurangi tekanan berlebih pada tulang belakang dan menghindari masalah postur yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau cedera.
  • Kekuatan dan Fleksibilitas: Latihan fisik yang menguatkan otot-otot di sekitar tulang belakang dan menjaga fleksibilitas dapat membantu mencegah cedera dan masalah tulang belakang.
  • Pencegahan Cedera: Menghindari aktivitas yang berisiko tinggi atau menggunakan teknik yang benar saat mengangkat benda berat dapat membantu mencegah cedera pada tulang belakang.
  • Pemeliharaan Berat Badan yang Sehat: Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan berlebih pada tulang belakang dan mencegah masalah terkait seperti nyeri punggung.

Sehingga, sedari usia dini, Anda bisa mulai dengan melakukan olahraga untuk tulang belakang. Olahraga untuk sumsum tulang belakang (spinal cord) biasanya dirancang dengan tujuan memelihara kesehatan fisik.

Olahraga ini juga dapat membantu menjaga kekuatan otot, keseimbangan, fleksibilitas, dan kardiovaskular. Namun, jenis olahraga yang cocok dapat bervariasi tergantung pada beberapa.

Di bawah ini adalah beberapa contoh olahraga yang umumnya direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan tulang belakang.

Inilah daftar olahraga untuk kesehatan tulang belakang yang bisa dilakukan oleh pemula dilansir dari Box Rox.

Baca Juga: Anda Sering Nyeri saat Datang Bulan? Ini Cara Jitu Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat

Olahraga untuk kesehatan tulang belakang

1. Latihan Kekuatan

Salah satu olahraga untuk memperkuat sistem tulang belakang adalah dengan beban ringan. Anda bisa menggunakan peralatan khusus yang membantu memelihara kekuatan otot, yang penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

2. Renang

Aktivitas renang atau latihan di dalam air dapat membantu menjaga keseimbangan, meredakan tekanan pada sendi, dan meningkatkan kekuatan otot tanpa menimbulkan tekanan berlebihan pada tulang belakang.

3. Bersepeda

Nah, olahraga yang berguna untuk kesehatan tulang adalah mengendarai sepeda. Tentu, olahraga ini bisa dilakukan di jalan maupun menggunakan sepeda statis dengan pedal dapat membantu memperbaiki keseimbangan dan kekuatan kaki.

4. Yoga dan Peregangan

Yoga yang disesuaikan dengan kebutuhan individu dan peregangan secara umum dapat membantu menjaga fleksibilitas, meningkatkan postur, dan mengurangi ketegangan otot.

5. Panjat tebing

Pendaki mendapatkan terapi yang murah dan ampuh, karena pendakian telah terbukti menunjukkan efek positif pada nyeri punggung bawah kronis. Latihan dengan volume rendah bermanfaat dalam dosis terapeutik.

Melansir dari Climbing House, panjat tebing gym dalam ruangan merupakan solusi terbaik untuk pemula, bahkan saat tidak dalam kondisi fisik prima.

6. Latihan Kardiovaskular

Apabila memungkinkan, olahraga kardiovaskular seperti berjalan atau latihan aerobik ringan dapat mendukung kesehatan jantung dan paru-paru. Anda bisa memilih seperti High Intensity Training untuk menggerakan secara penuh fungsi dari tulang belakang.

Kesehatan tulang belakang memainkan peran yang sangat penting dalam kualitas hidup secara keseluruhan.

Demikian informasi terkait olahraga untuk kesehatan tulang belakang yang perlu dilakukans sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×