kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Rabu, 01 November 2023 / 10:30 WIB
Simak 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah aprikot untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah aprikot untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah aprikot juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah aprikot.

Buah aprikot (Prunus armeniaca) adalah salah satu buah yang sering diabaikan dalam dunia buah-buahan, tetapi sebenarnya mengandung berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah aprikot ini berasal dari wilayah Asia Barat dan sejak ribuan tahun lalu telah digunakan sebagai sumber makanan dan obat tradisional.

Baca Juga: 8 Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat buah aprikot untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Sumber Serat yang Baik

Buah aprikot mengandung serat yang tinggi. Serat adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu mencegah sembelit, mengatur gerakan usus, dan mendukung kesehatan saluran pencernaan secara umum.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

2. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Buah aprikot mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalium, serta sejumlah vitamin B, seperti vitamin B6 dan niacin. Vitamin A, dalam bentuk beta-karoten, sangat baik untuk kesehatan mata, dan vitamin C adalah antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam buah aprikot memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Beta-karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang diperlukan untuk penglihatan yang baik dan pencegahan masalah mata seperti degenerasi makula.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Cokelat Untuk Kesehatan yang Tidak Jarang Diketahui

4. Antioksidan Alami

Buah aprikot mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

5. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dalam buah aprikot mendukung kesehatan tulang. Vitamin K diperlukan untuk pembentukan tulang yang kuat dan juga berperan dalam pembekuan darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Catat Ya!

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium dalam buah aprikot membantu mengatur tekanan darah dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, serat dalam buah ini juga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol.

7. Mengandung Beta-sitosterol

Buah aprikot mengandung senyawa yang disebut beta-sitosterol, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat dan masalah kesehatan prostat lainnya.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin E dalam buah aprikot mendukung kesehatan kulit dengan melindungi dari kerusakan oleh sinar matahari dan membantu menjaga kelembaban kulit.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah aprikot dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

10. Sumber Energi Alami

Buah aprikot mengandung karbohidrat yang memberikan energi alami. Ini menjadikannya makanan yang baik untuk dinikmati sebelum atau setelah berolahraga.

Dalam rangka memanfaatkan manfaat buah aprikot, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk segar, kering (kurma aprikot), atau sebagai campuran dalam berbagai hidangan, seperti salad, selai, atau smoothie. Penting untuk mencantumkan buah aprikot dalam pola makan seimbang sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi sebelum menambahkan buah aprikot ke dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×