kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,79   5,15   0.56%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Selasa, 17 Oktober 2023 / 11:37 WIB
Cek 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat bawang putih untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan dan penting diketahui. Pasalnya, manfaat bawang putih juga telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Bawang putih (Allium sativum) bukan hanya bahan masakan yang lezat, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Bawang putih telah digunakan dalam berbagai budaya selama ribuan tahun karena sifat-sifatnya yang menguntungkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Cek Yuk!

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Bawang putih juga dapat membantu merangsang produksi sel darah putih yang penting dalam melawan patogen.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif, Apa Saja?

2. Menurunkan Tekanan Darah

Studi telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat menjadi kabar baik bagi individu yang menderita hipertensi.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ini dapat mencakup penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah, serta perbaikan fungsi pembuluh darah.

Baca Juga: Kenali 6 Obat Trigliserida Tinggi Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

4. Efek Antikanker

Bawang putih mengandung senyawa yang memiliki sifat antikanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, usus, dan payudara.

5. Antiinflamasi Alami

Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit peradangan kronis, seperti arthritis.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Stoberi untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bawang putih juga dapat memperbaiki kesehatan pencernaan. Senyawa dalam bawang putih membantu merangsang produksi enzim pencernaan yang diperlukan untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

7. Mengandung Nutrisi Penting

Bawang putih adalah sumber nutrisi yang kaya, termasuk vitamin C, vitamin B6, mangan, dan serat. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan umum dan keseimbangan gizi.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Efek Antioksidan

Bawang putih mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

9. Mengurangi Resiko Infeksi Bakteri dan Jamur

Sifat antibakteri dan antijamur bawang putih telah lama diakui dalam pengobatan alami. Ini dapat membantu dalam pengobatan infeksi seperti pilek, infeksi saluran pernapasan, dan masalah kulit.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui

10. Manfaat Mental

Bawang putih juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam bawang putih dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan melawan gejala penyakit Alzheimer dan demensia.

Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi bawang putih harus disesuaikan dengan preferensi dan toleransi individu. Beberapa orang mungkin memiliki masalah pencernaan saat mengonsumsi bawang putih mentah. Oleh karena itu, bawang putih bisa dimasukkan dalam diet sehat sebagai bahan masakan atau dalam bentuk suplemen, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×