kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Sabtu, 16 September 2023 / 11:15 WIB
Ini 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa gurih pada masakan. Namun, ternyata ada banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan. Selain sebagai bumbu, kegunaan bawang putih juga dipakai untuk pengobatan berbagai penyakit.

Tumbuhan dengan nama latin Allium sativum ini masih saudara dengan bawang merah serta daun bawang. Tanaman keluarga amarilis tersebut bisa digunakan seluruhnya, dari umbi hingga daunnya. 

Umbi bawang putih berbentuk siung yang biasanya berjumlah 1 hingga 10 siung. Sementara setiap siungnya memiliki berat antara 6 sampai 8 gram.

Salah satu manfaat bawang putih yang dominan adalah kandungan allicin, sebuah senyawa yang sangat berguna untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Lantas, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Baca Juga: Resep Kentang Mustofa yang Renyah Tahan Lama Tanpa Air Kapur Sirih

Kandungan vitamin bawang putih 

Bwang putih Beberapa kandungan vitamin bawang putih mentah seberat 3 gram antara lain: 

  • Mangan sebesar 2% dari nilai kebutuhan harian (DV)
  • Vitamin B6 2% dari DV
  • Vitamin C 1% dari DV
  • Serat 0,06 gram
  • Kalori 4,5
  • Protein 0,2 gram
  • Karbohidrat 1 gram

Bawang putih juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya. Sehingga, manfaat bawang putih yakni kaya nutrisi. 

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Tensi Tinggi Menjadi Normal dengan Cepat, Cek Tensi Anda

Manfaat bawang putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Nah, berikut ini manfaat bawang putih untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari laman Healthline dan buku "Khasiat & Manfaat Bawang Putih Raja Antibiotik Alami":

1. Sariawan

Manfaat bawang putih ternyata juga bisa membantu menyembuhkan sariawan. Pemberian bawang putih dapat memulihkan daya tahan tubuh yang melemah. 

Di samping itu, bawang putih mampu membunuh bakteri penyebab sariawan karena sulfur yang dimiliki bawang putih termasuk zat antibakteri. 

Untuk meredakan sariawan, diperlukan satu siung bawang putih yang telah dikupas kulitnya. Ujuang bawang putih diiris dan dimasukkan ke dalam yoghurt biasa tanpa rasa. 

Selanjutnya, irisan bawang putih ditempelkan di daerah yang terkena sariawan selama beberapa menit. Rasa sejuk karena ramuan tersebut akan membuat sariawan mereda. 

Baca Juga: 10 Khasiat Bawang Merah Buat Tubuh, Bisa Turunkan Gula Darah Pasien Diabetes

2. Infeksi saluran kencing

Manfaat bawang putih untuk kesehatan juga bisa membantu menyembuhkan infeksi saluran kencing. Kandungan sulfur dalam bawang putih dapat membunuh bakteri dan jamur di saluran kencing. 

Dalam hal ini, sistem kerja zat sulfur membinasakan penyebab infeksi, alisin membuat antibiotiknya, dan scordinin meningkatkan kemampuan fisik penderita. 

Caranya, bawang putih bisa dimakan mentah paling banyak 3 siung per hari. Selain itu, bawang putih juga bisa digunakan sebagai bumbu masak. 

Bawang putih juga bisa digunakan untuk acar. Konsumsilah bawang putih secara rutin hingga infeksi saluran kencing sembuh. 

3. Mengobati dan mencegah cacingan

Alisin dalam bawang putih bisa membunuh cacing-cacing penyebab cacingan. 

Sementara, baunya yang tajam dapat menciptakan kondisi lingkungan yang dibenci oleh parasit-parasit sehingga bisa mencegah terjadinya cacingan lagi. 

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat cacingan yakni bisa dimakan mentah atau dicampur dengan masakan lain.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Konsumsi Sereh untuk Kesehatan, Jadi Campuran Makanan dan Minuman

4. Mencegah pilek

Manfaat bawang putih juga dapat membantu mencegah pilek. Suplemen bawang putih dikenal untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Sebuah studi selama 12 minggu menemukan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari mengurangi pilek hingga 63% dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

Durasi rata-rata gejala pilek juga berkurang 70%. Studi lain menemukan bahwa ekstrak bawang putih dosis tinggi (2,56 gram per hari) mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61%. 

5. Pengendali kolesterol

Manfaat bawang putih salah satunya dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Bagi mereka dengan kolesterol tinggi, suplemen bawang putih bisa mengurangi kolesterol total dan LDL sekitar 10–15%.

Kadar trigliserida tinggi adalah faktor risiko lain yang diketahui untuk penyakit jantung, tetapi bawang putih tampaknya tidak memiliki efek signifikan pada kadar trigliserida.

Baca Juga: Periksa 8 Makanan untuk Pereda Nyeri Sendi yang Mudah Dikonsumsi

6. Mencegah alzheimer dan demensia

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan. Manfaat bawang putih yaitu mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Suplemen bawang putih dosis tinggi telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Efek gabungan untuk mengurangi kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidannya, dapat mengurangi risiko kondisi otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia.

7. Panjang umur

Efek potensial bawang putih pada umur panjang pada dasarnya tidak mungkin dibuktikan pada manusia. Tetapi adanya sejumlah manfaat bawang putih dalam mengontrol tekanan darah dan beberapa penyakit lainnya maka kemungkinan bawang putih dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Fakta bahwa bawang putih dapat melawan penyakit menular juga merupakan faktor penting. Sebab, infeksi penyakit menular juga menjadi salah satu penyebab kematian yang umum, terutama pada orang tua atau orang dengan sistem kekebalan yang tidak berfungsi.

Baca Juga: Waspadai Lonjakan Inflasi Jangka Pendek

8. Kesehatan tulang

Tidak ada penelitian pada manusia yang mengukur efek bawang putih pada pengeroposan tulang. Namun, penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa itu dapat meminimalkan keropos tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita.

Satu studi pada wanita menopause menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering (setara dengan 2 gram bawang putih mentah) secara signifikan menurunkan defisiensi estrogen.

 Makanan seperti bawang putih dan bawang merah mungkin juga memiliki dampak positif pada osteoartritis. 

9. Mendetoksifikasi logam berat dalam tubuh

Pada dosis tinggi, senyawa belerang dalam kegunaan bawang putih telah terbukti melindungi dari kerusakan organ akibat keracunan logam berat.

Sebuah studi selama 4 minggu pada karyawan di pabrik aki mobil (yang memiliki paparan berlebihan terhadap timbal) menemukan bahwa bawang putih mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19%. 

Manfaat bawang putih juga mengurangi gejala keracunan, termasuk sakit kepala dan tekanan darah. 

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Menakjubkan

10. Penurun tekanan darah

Manfaat bawang putih juga bisa digunakan sebagai penurun tekanan darah. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah salah satu faktor terpenting yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. 

Penelitian pada manusia telah menemukan bahwa kegunaan bawang putih memiliki dampak yang signifikan dalam menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, 600–1.500 mg ekstrak bawang putih tua sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama periode 24 minggu. 

Itulah sederet manfaat bawang putih bagi kesehatan. Dengan khasiat bawang putih yang mengagumkan, jangan ragu untuk selalu memasukan berambang ini ke dalam masakan sehari-hari Anda.

Selanjutnya: 3 Bumbu Masak Ini Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Menarik Dibaca: Pakai Sunscreen Wajib Enggak Sih? Simak 4 Alasan Penting Pakai Sunscreen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×