kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Cek Yuk!


Selasa, 17 Oktober 2023 / 04:55 WIB
7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Cek Yuk!
ILUSTRASI. Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat minyak kemiri juga tidak perlu diragukan lagi.

Minyak kemiri, juga dikenal sebagai minyak tamanu, adalah minyak nabati yang diekstrak dari biji pohon kemiri (Calophyllum inophyllum). 

Minyak ini telah digunakan secara tradisional dalam berbagai budaya sebagai obat herbal untuk perawatan kulit dan kesehatan. Minyak kemiri kaya akan senyawa-senyawa bioaktif yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 10 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Gejala, dan Akibatnya

Melansir dari Stylecraze, berikut beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh:

1. Perawatan Kulit

Salah satu manfaat paling terkenal dari minyak kemiri adalah kemampuannya dalam perawatan kulit. Minyak ini mengandung asam oleat, asam linoleat, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menghidrasi kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Minyak kemiri juga efektif dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Luar Biasa

2. Antioksidan yang Kuat

Minyak kemiri mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti tokoferol, skualen, dan asam palmitoleat. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

3. Anti-inflamasi Alami

Minyak kemiri memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit seperti arthritis dan membantu dalam proses penyembuhan luka.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

4. Perlindungan dari Sinar UV

Minyak kemiri juga memiliki sifat fotoprotektif, yang berarti dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini membuat minyak kemiri menjadi bahan alami yang baik untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan kanker kulit.

5. Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Minyak kemiri dapat digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi. Pijatan dengan minyak ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan otot. Selain itu, sifat anti-inflamasi minyak kemiri juga dapat membantu meredakan peradangan pada sendi.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

6. Perawatan Rambut

Selain manfaat untuk kulit, minyak kemiri juga sering digunakan untuk merawat rambut. Minyak ini dapat menghidrasi rambut, mengurangi ketombe, dan meningkatkan kekuatan serta kilau rambut.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian Diketahui

7. Perawatan Kulit Bayi

Minyak kemiri juga aman digunakan untuk perawatan kulit bayi. Minyak ini membantu mengatasi masalah kulit bayi seperti ruam popok dan iritasi kulit lainnya.

Meskipun minyak kemiri memiliki banyak manfaat kesehatan, perlu diingat bahwa setiap orang mungkin memiliki reaksi yang berbeda terhadapnya. Penting untuk melakukan tes kulit kecil terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak ada reaksi alergi atau iritasi yang terjadi. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan minyak kemiri untuk tujuan perawatan kesehatan tertentu.

Dalam kesimpulan, minyak kemiri adalah minyak nabati yang kaya akan senyawa-senyawa bermanfaat untuk kesehatan. Dari perawatan kulit hingga manfaat antioksidan dan anti-inflamasi, minyak kemiri adalah tambahan yang berharga untuk perawatan kesehatan dan kecantikan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×